TPS 3R jadi solusi penanganan sampah di Bandung

user
Mohammad Taufik 08 Juni 2017, 14:05 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Tempat Pembuangan Sementara (TPS) 3R akan menjadi solusi untuk penanganan sampah di Kota Bandung. Dengan mengusung konsep 3R (reuse, reduce, dan recycle), sampah akan mulai dikelola di TPS yang berada di masing-masing kecamatan.

TPS 3R Cibatu yang berada di Jalan Cibatu Raya Kelurahan Antapani Tengah, Kecamatan Antapani, merupakan salah satu lokasi TPS 3R di Bandung.

Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, kehadiran TPS 3R Cibatu ini merupakan hasil kolaborasi antara Yayasan Saung Kadeudeuh dan Bank BJB yang diserahkan kepada PD Kebersihan Kota Bandung.

"Hari ini Alhamdulillah, di Kota Bandung hadir TPS 3R Cibatu hasil kolaborasi antara BJB dan Yayasan Saung Kadeudeuh," ujar Oded saat acara peresmian TPS 3R Cibatu, Kamis (8/6).

Kehadiran TPS 3R Cibatu ini merupakan TPS 3R Induk kedua di Kota Bandung selain TPS 3R Induk Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong. Oded ingin TPS Induk seperti ini dapat hadir di tiap Kecamatan agar dapat mengatasi sebagian permasalahan sampah di Kota Bandung.

"Ini baru dua di Kota Bandung sama di Babakan Sari, apabila bisa terwujud di 30 kecamatan, masing-masing satu kecamatan satu TPS, mungkin 40-50 persen permasalahan sampah di Kota Bandung bisa teratasi," katanya.

Oded juga berharap agar para pihak terkait dapat bekerja sama dalam membangun TPS serupa. Dengan keberadaan TPS 3R tersebut dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan sampah yang selama ini masih dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Saya ingin mengajak seluruh komponen untuk sama-sama berkolaborasi untuk menghadirkan TPS Pusat seperti ini sehingga sampah akan lebih efektif dan efisien," ujarnya.

Kredit

Bagikan