Pemkot Bandung buka program magang ke Jepang tiap tahun, mau ikut?

user
Mohammad Taufik 17 Mei 2017, 11:13 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung membuka kesempatan bagi warganya yang ingin mengikuti program magang di Jepang. Setiap tahunnya, ada 1200 orang yang akan dikirim ke negeri sakura untuk magang di berbagai perusahaan di sana.

"Kita kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang fokus ke Kota Bandung. Kita diberi jatah 1200-an, alhamdulillah tadinya hanya 300 per tahun sekarang Saya minta ditambah 1200 warga Bandung untuk dikirim magang bekerja selama 3-5 tahun, kira-kira begitu," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Selasa (16/5).

Pria yang akrab disapa Emil ini menyebut, program ini hadir dari hasil lobi- lobi yang dilakukan Pemkot Bandung bersama Kadin Kota Bandung. Program ini kemudian ditindaklanjuti dengan penandatanganan kerjasama antara Kota Bandung dan Tokyo beberapa waktu lalu.

"Jadi kalau 1 tahun 1200 kalau 5 tahun bisa ribu-ribu orang. Nah ini buah dari lobi-lobi Pemkot Bandung bersama Kadin kota Bandung. Karena pada dasarnya Jepang ini sedang krisis SDM. Karena populasinya lebih banyak lansianya dalam 20 tahun ke depan ketimbang anak mudanya," ucapnya.

Menurut Emil, dengan adanya program ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup warga Bandung.

"Nah ini bagian agar warga Bandung bisa naik kelas, bisa tahu bagaimana hidup bekerja dengan kedisiplinan dengan standar internasional. Sehingga suatu hari dia bisa lanjut kerja di sana silakan atau pulang menjadi entrepreneur punya skill akhirnya membantu ekonomi lokal dengan standar SDM," ujarnya.

Emil mengungkapkan, nantinya ada 113 jenis pekerjaan yang dapat diikuti oleh peserta magang. Jenis pekerjaannya terdiri dari berbagai bidang mulai dari industri, pertanian hingga jasa.

Adapun untuk cara pendaftaran sendiri, lanjut Emil, masyarakat dapat langsung datang ke kantor Kadin Kota Bandung di Jalan Talaga Bodas. Program ini akan dibuka mulai pertengahan tahun ini.

"Cara daftarnya bisa datang ke kadin karena business to business, akan dimulai semester ini 2017 ini. Jadi sampaikan ke warga Bandung jika ingin kerja magang di Jepang ingin punya pengalaman silakan daftar ke kadin Bandung di Jalan Talaga Bodas hubungi kadin ikut program kerja di Jepang," katanya.

Kredit

Bagikan