Jelang Ramadan, Menteri Amran pastikan stok dan harga pangan aman

user
Mohammad Taufik 15 Mei 2017, 16:25 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman memastikan bahwa stok dan harga komoditas pangan jelang Ramadan dalam kondisi aman. Menurut Amran, dua pekan jelang Ramadan, harga komoditas bahan pokok di pasaran masih stabil.

"Khusus untuk Ramadan, Alhamdulillah ini memasuki tinggal satu hingga dua minggu lagi dan harga masih posisi stabil," ujar Amran kepada wartawan seusai memberikan kuliah umum di Graha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjajaran, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Senin (15/5).

Menurut dia, tidak alasan bagi para pedagang untuk menaikkan harga komoditas pangan. Sebab stok pangan hingga saat ini masih mencukupi.

"Jadi tidak ada alasan harga naik. Stok beras kita 2,2 juta ton, itu cukup besar. Itu bisa mencukupi kebutuhan sampai 10 bulan ke depan. Kemudian daging ada tersedia 90 ribu ton itu setara 300-400 ribu ekor sapi ada di bulog. Gula ada 400 ribu ton, jagung kemudian minyak goreng ada 1,5 juta ton," katanya.

Amran pun menyebut, Kementerian Pertanian bersama Kementerian Perdagangan terus bersinergi untuk menjaga kestabilan harga jelang Ramadan. Baik dirinya maupun Menteri Perdagangan rutin melakukan pengecekan harga komoditas ke pasar.

"Jadi kesimpulan tidak ada alasan harga naik. Kami apresiasi kepada sahabatku Menteri Perdagangan, luar biasa bergerak cepat ke lapangan dan beliau langsung mengecek setiap hari," ujarnya.

Kredit

Bagikan