TKD sudah dinaikkan, Emil minta camat dan lurah sering blusukan

user
Mohammad Taufik 03 Mei 2017, 12:15 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meminta kepada para camat dan lurah untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pria yang akrab disapa Emil ini mendorong para aparat kewilayahan untuk rajin turun ke masyarakat mencari solusi permasalahan yang terjadi, bukan hanya menunggu laporan dari bawahan.

Terlebih lagi, pada tahun ini pihaknya telah menaikan besaran Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) bagi semua aparatur pemerintahan hingga 3 kali lipat. Hal ini, kata Emil, seharusnya berbanding lurus dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya bilang masa udah dinaikkan TKD kesejahteraan sampai 3 kali lipat tidak ada perubahan. Seharusnya kotanya lebih bersih, kondusif, lurah camatnya harus rajin turun, sukseskan magrib mengaji, subuh berjamaah jangan hanya ramai kalau wali kotanya datang aja, tapi lurahnya juga kan begitu," ujar Emil saat menggelar rapat pimpinan bersama lurah dan Camat se-Kota Bandung, Selasa (3/5).

Salah satu yang disorot Emil yakni terkait kemiskinan. Menurut dia, banyak kasus warga miskin di Bandung yang terekspos media, sementara di sisi lain para lurah dan camatnya tidak mengetahui ada warga miskin di wilayahnya.

"Saya bilang kalau wartawan sampai tahu duluan, berati bapak ibu enggak kerja dengan baik. Makanya harus turun, tanya ke RT-nya ada kemiskinan ekstrem," ujarnya.

"Jadi kritik dari wartawan ini benar jadi pemacu buat mereka supaya jangan leha-leha. Kok masih bisa ditemukan oleh wartawan teh, berati kamu (lurah dan camat) tidak tahu. Kalau tidak tahu berati tidak rajin tanya, kalau tidak rajin tanya berarti tidak rajin turun ke bawah. Ini berarti kepemimpinannya masih kepemimpinan jadul, kepemimpinan yang nunggu laporan orang tapi tidak turun ke bawah," ungkap Emil.

Untuk itu Emil pun meminta para lurah dan camat lebih aktif lagi turun ke masyarakat. Sebab semua pencapaian Kota Bandung berawal dari pencapaian di tingkat kewilayahan.

"Ya Saya bilang raportnya kota datang dari raportnya sekda. Raportnya sekda datang dari raportnya camat, raportnya camat datang dari raportnya lurah," ujarnya.

Kredit

Bagikan