Nasdem persilakan Ridwan Kamil pilih bakal calon wakil sendiri

user
Mohammad Taufik 19 Maret 2017, 23:32 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Ketua Umum DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh mengatakan belum mengantongi nama yang akan menjadi bakal pasangan Ridwan Kamil dalam Pilgub Jabar 2018 nanti. Surya Paloh justru menyerahkan kepada Emil.

"Saya pikir itu sudahlah yang jadi gubernur kan. Emil nanti yang akan memberi tahu kapannya," ujar Surya Paloh kepada wartawan seusai acara deklarasi, Minggu (19/03).

Sementara itu, Emil mengatakan, pihaknya tidak memiliki kapasitas untuk menentukan siapa yang akan mendampinginya dalam Pilgub Jabar nanti. Sebab kata Emil dirinya bukan berasal dari parpol.

"Saya orang tidak berpartai, jadi enggak punya kapasitas memilih, kecuali semua parpol sepakat bahwa pilihan wakil misal diserahkan ke Saya. Tapi kan enggak juga ada partai yang saya dekati minta wakil dari partai itu," katanya.

Partai Nasdem, kata Emil, menyerahkan sepenuhnya terkait pemilihan posisi wakil kepada dirinya. Menurut dia Partai Nasdem tidak mensyaratkan untuk memilih wakil yang direkomendasikan oleh partai besutan Surya Paloh tersebut.

Namun demikian, lanjut Emil, jika dirinya diberi kebebasan untuk memilih wakil, dia mensyaratkan sosok wakil yang akan mendampinginya harus memiliki dua kriteria yakni nilai kepemimpinan dan membantu elektabilitas.

"Alhamdulillahnya partai Nasdem tidak ada syarat, minta tidak masuk wakil tidak ada mahar. Menyerahkan pemilihan wakil ke saya dan ini kan belum diikuti oleh semua partai. Jadi saya enggak bisa bilang seperti apa yang pasti punya dua kriteria, punya nilai kepemimpinan dan membantu elektabilitas," ujarnya.

Kredit

Bagikan