Bandung Creative Hub akan mulai beroperasi akhir Maret

user
Mohammad Taufik 13 Maret 2017, 10:22 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pembangunan gedung Bandung Creative Hub di Jalan Laswi sudah hampir rampung. Gedung yang digadang-gadang jadi tempat lahirnya ide-ide kreatif ini direncanakan beroperasi pada akhir Maret ini.

"Rencana mulai aktivasi akhir bulan ini. Karena secara fisik pembangunannya sudah selesai, tinggal pelengkapnya," kata Deputi Sumber Daya Kreatif Komite Ekonomi Kreatif Kota Bandung Galih Sedayu, Minggu (12/3).

Galih mengatakan pekerjaan proyek tinggal menyelesaikan interior gedung yang didesain secara menarik ini. Selain itu juga inventarisasi komunitas yang akan mengisi kegiatan-kegiatan di gedung yang berlokasi di Jalan Laswi, Kota Bandung, tersebut.

Menurut dia, gedung itu akan diisi oleh orang-orang kreatif dari berbagai bidang. Ia pun menepis anggapan kalau gedung itu hanya akan mengakomodasi komunitas yang bersentuhan dengan Bandung Creative City Forum (BCCF). Dimana Galih maupun Wali Kota Bandung termasuk orang yang membesarkan forum komunitas itu.

"Kehadiran gedung itu bukan berarti hanya BCCF. Tapi akan merangkul teman-teman lain. Karena kita kan bicaranya tentang kota, bukan satu golongan. Semangatnya ada di kolaborasi," katanya.

Meski demikian, ia menyebutkan tetap ada proses kurasi untuk memilih komunitas yang bisa tergabung. Mengingat banyak komunitas yang ada di Kota Bandung.

Dia berharap, para komunitas yang nantinya diakomodasi di Bandung Creative Hub bisa bersama-sama merajut kreativitas untuk menjadikan Bandung lebih baik lagi lewat bidang masing-masing. Ruang-ruang yang sudah disediakan pemerintah juga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para pegiat komunitas.

Bandung Creative Hub, lanjut dia, memang didesain untuk menyalurkan ide-ide kreatif warga Kota Bandung. Menjadi ruang kolaborasi antar komunitas kreatif unggulan di Kota Bandung. Nantinya, Galih menyebutkan, di dalamnya akan ada komunitas musik, fesyen, perpustakaan, fotografi. Di mana akan ada ruang pameran bersama.

"Inginnya punya ruang-ruang kelas yang bisa diaktivasi komunitas. Juga kalau memungkinkan ada museum desain sehingga orang tahu seperti apa cerita Kota Bandung yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai city of design," katanya.

Ia berharap sesuai dengan tujuannya pembangunan Bandung Creative Hub dapat menjadikan komunitas aktif berkarya dan saling berbagi. Sehingga menghasilkan SDM dan karya kreatif yang unggul.

Kredit

Bagikan