Ramai petisi Selamatkan Beruang Madu Kebun Binatang Bandung

user
Mohammad Taufik 18 Januari 2017, 10:52 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sebuah petisi yang ditulis oleh Yayasan Scorpion Indonesia diunggah di situs Change.org. Petisi tersebut yang ditujukan kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya untuk menyelamatkan beruang madu di Kebun Binatang Bandung.

Dalam petisinya Yayasan Scorpion Indonesia mengatakan banyak beruang madu di Kebun Binatang Bandung kelaparan. Diunggah pula video yang memperlihatkan beruang madu dengan tubuh kurus bahkan memakan kotorannya sendiri.

Relawan Scorpion menyebut telah mengadakan pemantauan terhadap Kebun Binatang Bandung sejak tahun lalu. Pada 8 Januari 2017, relawan scorpion disebut juga telah memantau Kebun Binatang Bandung. Mereka menemukan sejumlah beruang yang terlihat kelaparan dan meminta makanan kepada sejumlah pengunjung.

Mereka menilai kondisi tersebut adalah pelanggaran terhadap standar minimum prinsip kesejahteraan satwa di lembaga konservasi.

"Hal ini juga bertentangan dengan pasal 1 angka 2 Peraturan Dirjen PHKA No. P 9/IV-SET/2011 yang menyatakan kesejahteraan satwa adalah keberlangsungan hidup satwa yang perlu diperhatikan oleh pengelola agar satwa hidup sehat, cukup pakan, dapat mengekspresikan prilaku secara normal, serta tumbuh dan berkembang biak dengan baik dalam lingkungan aman dan nyaman," kata Yayasan Scorpion dalam petisi tersebut.

Mereka mengatakan telah berusaha membantu memberi makan beruang kelaparan dengan buah buahan serta meminta akses untuk melihat dan mengecek kondisi beruang tersebut--yang dikatakan KBB sedang berada di kandang perawatan. Namun, hingga saat ini permintaan akses tidak pernah dikabulkan.

Seperti dikutip dalam petisi, "Hingga saat ini, kami tidak mengetahui bagaimana nasib beruang kurus yang memakan fesesnya sendiri tersebut."

Dalam petisi mereka meminta Kementerian LHK untuk membantu menyelamatkan hewan. Hewan-hewan yang ada di Kebun Binatang Bandung harus bebas dari rasa lapar dan haus, bebas dari ketidaknyamanan lingkungan, bebas dari rasa sakit, luka dan penyakit, bebas dari rasa takut dan tertekan serta bebas untuk mengekspresikan prilaku alami.

Hingga berita ini ditulis, petisi tersebut sudah ditandatangani 2237 dukungan. Berbagai komentar juga diunggah netizen yang meminta Kebun Binatang Bandung segera ditutup karena memperlakukan hewan dengan semena-mena.

Sebelumnya Kebun Binatang Bandung juga sempat disorot ketika seekor gajahnya mati. Kematian gajah bernama Yani tersebut menjadi penilaian buruknya pengelolaan Kebun Binatang Bandung.

Kredit

Bagikan