SOTK baru 2017, sejumlah kepala dinas bakal dirotasi

user
Mohammad Taufik 30 Desember 2016, 11:24 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Yossi Irianto, mengatakan telah mengantongi nama-nama kepala dinas (pejabat eselon II) yang akan duduk dalam Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru 2017.

Seperti diketahui, dalam perubahan SOTK, jumlah dinas Pemkot Bandung saat ini menjadi 21 dinas dan 5 badan. Jumlah ini bertambah dari semula hanya 17 dinas dan 4 badan.

"Komposisi global sudah. Untuk kewenangannya nanti diserahkan kepada wali kota," ujar Yossi kepada wartawan, Kamis (29/12).

Namun demikian, Yossi enggan mempublikasikan nama-nama kepala dinas yang akan menduduki posisi baru tersebut. Dia memastikan pelantikan pejabat yang baru akan dilakukan pada 3 Januari 2017.

"Enggak dilantik sekarang. Sesuai instruksi Kementerian Dalam Negeri, SOTK baru seharusnya efektif mulai 1 Januari 2017, tapi karena libur sampai tanggal 2, maka pelantikan dilakukan tanggal 3 (Januari)," katanya.

Menurut Yossi, dalam SOTK baru, tidak banyak jumlah pejabat yang digeser.

"Kecil lah, enggak sampai 20 persen. Enggak mungkin kinerjanya bagus, belum 2 tahun kita rekomendasikan ke Pak wali (digeser). Ada ukuran-ukuran jelas, parameter jelas, ketika pimpinan SKPD berkinerja baik tentu akan kita pertahankan," ujarnya.

Yossi mengungkapkan, Pemkot Bandung telah melakukan serangkaian assessment untuk menjaring pejabat yang akan duduk dalam struktur SOTK baru.

"Kita sudah punya catatan dengan melakukan assessment. Dalam ketentuannya dalam menggeser, ada hasil psikologi. 'Si ini' lebih cocok di sini. Dalam setahun bisa mengevaluasi kinerja kepala SKPD, pimpinan akan bisa melihat," ujarnya.

Kredit

Bagikan