Pesawat CN235-220 produk buatan PTDI yang dikenal di berbagai negara

user
Farah Fuadona 27 Desember 2016, 14:17 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - PT Dirgantara Indonesia melakukan ferry flight satu unit pesawat terbang CN235-220M Multi Purpose. Pesawat pesanan A.D Trade Belgia nantinya akan digunakan untuk Angkatan Udara (AU) Senegal.

Pengiriman pesawat itu dilangsungkan di hanggar final assy fixed wing PTDI Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Selasa (27/12) pagi. Hadir langsung Kepala Staf AU Senegal, Jenderal Ousmane Kane dan Deputy General Director AD Trade, Belgia, Max Abitbul. Tampak juga Dirut PT DI Budi Santoso.

CN235-220M Multi Purpose Aircraft diterbangkan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Dakar, Senegal. Adapun rute yang ditempuh Bandung-Medan-Kolombo-Maldives-Pakistan-Riyadh-Khartoum-Chad-Burkina Faso-Dakar.

"Pesawat CN235-220 produk PTDI sudah dikenal luas di berbagai negara sebagai pesawat multiguna yang efektif dan efisien serta dapat beroperasi dari landasan dengan kondisi terbatas," kata Budi Santoso di sela ferry flight.

Penjualan pesawat yang bisa lepas landas langsung di jarak pendek di lintasan belum beraspal ini melengkapi tiga unit yang sudah dibeli A.D Trade Belgia dari PTDI sebelumnya. Dua unit digunakan oleh Burkina Faso, sedangkan satu unit lagi digunakan Venezuela.

CN235-220M Multi Purpose Aircraft untuk Angkatan Udara Senegal ini memiliki konfigurasi yang dapat diubah dengan cepat seperti paratroop, medical evacuation, VIP transport,dan passenger transport. Oleh karena itu, pesawat ini mampu menjawab kebutuhan negara-negara Asia dan Afrika.

"Ini adalah bukti kemampuan bangsa Indonesia dalam menguasai teknologi tinggi," ujarnya.

Fasilitas lengkap lainnya, pesawat ini dilengkapi pintu depan yang bisa dipakai sebagai pintu masuk/keluar untuk VIP/VVIP dan pintu belakang khusus yang dibuka ke arah dalam dan cukup besar untuk dipakai saat operasi terjun payung. Sementara ramp door yang ukurannya cukup besar dan tetap ada untuk keluar masuk barang bahkan dapat digunakan untuk memasukkan kendaraan kecil.

Kredit

Bagikan