Pembangunan Flyover Antapani dipastikan rampung akhir tahun ini

user
Mohammad Taufik 25 Desember 2016, 11:13 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pembangunan jembatan layang (flyover) Antapani yang menghubungkan Jalan Terusan Jakarta dan Jalan Jakarta ini dipastikan akan rampung pada akhir tahun ini. Warga Bandung dapat segera menggunakan flyover tersebut pada awal 2017 mendatang.

Sekretaris Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung Agoes Sjafrudin mengatakan, progres pembangunan flyover Antapani saat mencapai lebih dari 85 persen. Pembangunan kontruksi jembatan telah selesai dilakukan, dan saat ini memasuki tahap penyelesaian akhir

"Pembangunan flyover Antapani progresnya sudah lebih dari 85 persen. Overlay (pengaspalan) juga telah kita kerjakan.Tinggal trotoar, marka jalan diupayakan sampai akhir bulan Desember 100 persen," ujar Agoes kepada Merdeka Bandung, Sabtu (24/12).

Selain itu juga kata Agoes, pihaknya juga masih merampungkan ornamen-ornamen berupa gambar mozaik yang berada di sisi jembatan. Gambar mozaik yang dibentuk dari keramik ini dipasang untuk memberikan sentuhan estetika, untuk mempercantik jembatan.

"Ornamen-ornamen yang di dinding jembatan itu masih berjalan," katanya.

Berdasarkan pantauan, pada Sabtu (24/12) siang tadi sempat dilakukan ujicoba jembatan. Sejumlah kendaraan, baik kendaraan kecil maupun truk dengan tonase besar melewati Flyover. Jembatan ini ditargetkan akan rampung pada akhir Desember .

"Minggu terakhir bulan Desember selesai," ujarnya.

Untuk diketahui, pembangunan Flyover Antapani ini merupakan proyek kerja sama antara Pusjatan Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kement PUPR) Pemkot Bandung dan Posco Steel Korea. Pembangunan Flyover ini menghabiskan biaya Rp 40 miliar.

Kredit

Bagikan