Berantas pungli, Ridwan Kamil bentuk Tim Saber Pungli di Kota Bandung

user
Mohammad Taufik 23 Desember 2016, 14:09 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melantik Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Jumat (23/12). Tim yang terdiri dari unsur kepolisian, kejaksaan, pengadilan serta muspida ini akan mulai bertugas melakukan pemberantasan pungli yang masih terjadi di Kota Bandung.

Pria yang akrab disapa Emil ini menitipkan pesan kepada tim saber pungli untuk mulai bekerja dengan memberantas praktik pungki tidak hanya oknumnya saja, tetapi sampai ke akar-akarnya.

"Tadi sudah saya sampaikan ada satu cerita dimana terjadi pungli di perizinan UKM di awal tahun. Bukan hanya dinasehati atau diberantas secara hukum, tapi peraturannya kita ubah. Ya sudah sekalian perizinannya kita hilangkan. Nah itu adalah contoh supaya memberantas sampai ke akar akarnya, tidak hanya oknum oknumnya saja," ujar Ridwan kepada wartawan seusai acara pelantikan.

Emil juga menitipkan agar tim saber pungli mulai menyusun panduan modus-modus pungli yang bisa dilakukan di instansi - instansi yang rawan terjadi pungli. Sehingga nantinya dapat diketahui modus praktik pungli agar tim dapat segera bergerak cepat menangkap pelaku pungli.

"Kita tidak boleh kalah, sehingga harus paham cara - caranya itu supaya bisa menutupi dengan cara - cara yang lebih baik juga," katanya

Menurut Emil, Tim Saber Pungli ini akan bertugas di sejumlah tempat seperti di tempat pelayanan publik, kegiatan ekspor impor, pendidikan, kepegawaian, barang dan jasa. Tak hanya di lingkungan Pemkot, tim ini juga akan bertugas di sejumlah tempat yang menjadi target seperti bandara.

"Nah Tim Saber Pungli ini tidak hanya di lingkungan Pemkot Bandung. Menurut peraturannya ada sekitar 6-7 tempat, ada di bandara, di unit kerja yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat yang dimiliki oleh instansi vertikal, sebagian dimiliki oleh instansi Pemkot Bandung," ucapnya

Emil berharap, Tim Saber Pungli ini dapat bekerja dengan cara yang baik, tidak hanya mengungkap kasus besar tetapi juga kasus-kasus kecil.

"Jangan hanya kasus besar, kecil-kecil pun mohon diungkap. Sehingga pesan psikologisnya tidak ada celah kecil besar semua diharapkan bisa ditindak oleh Tim Saber Pungli ini," ujarnya.

Bertindak sebagai Ketua Pelaksana Tim Saber Pungli yakni Wakapolrestabes Bandung AKBP Gatot Sujono. Sementara Wali Kota Bandung bertindak sebagai Penanggung Jawab.

Kredit

Bagikan