100 Seniman pamerkan karya dalam pameran ARTrtefak laut kidul

user
Mohammad Taufik 19 Desember 2016, 12:10 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Papuri Art Gallery menjadi saksi betapa memukaunya 100 seniman yang berkumpul dan memamerkan karyanya. Laut kidul yang menjadi benang merah dalam pameran yang diselenggarakan hingga Minggu (25/12) mendatang itu diramaikan oleh sosok Nyi Roro Kidul yang dikenal sebagai ratu pantai selatan.

Bertitle 'Pameran ARTefak Laut Kidul', pameran lukis ini dimaknai mendalam oleh Abun Adira, seniman yang terlibat dalam kegiatan pameran tersebut. Mengangkat title 'Baruna, Dewa Laut', seniman berusia 74 tahun ini menuangkan idenya dalam kanvas berukuran 130 x 160 cm.

Mengandalkan media akrilik, Abun menggambarkan tokoh Dewa Baruna yang kokoh dan kuat dalam pendiriannya. Dimana Dewa Baruna tak pernah mundur dari keyakinan yang ia yakini benar. Dengan waktu dua minggu, Abun sukses merampungkan lukisannya itu.

"Saya dikasih tahu sekitar tiga minggu lalu, jadi saya selesaikan ini dua minggu saja. Itu juga santai. Saat diberikan tema oleh panitia, yang terlintas langsung Dewa Baruna ini," ujar Abun kepada Merdeka Bandung saat ditemui dalam 'Pameran ARTefak Laut Kidul', Minggu (18/12).

Sementara itu, Penggagas "Pameran ARTefak Laut Kidul", Basuki Bawono memaparkan pantai laut kidul yang diangkat dalam tema ini cerita legenda Nyi Roro Kidul yang begitu dekat dengan masyarakat Indonesia. Sosok Nyi Roro Kidul mengilhami keberagaman ekspresi seni yang akan diusung dalam pameran ini.

"Pameran ini merupakan suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dalam diapresiasi oleh masyarakat luas. Pameran ini dilakukan sebagai upaya penyampaian ide atau gagasan perupa kepada publik melalui media karya seni," ujarnya.

Bagi koordinator seniman "Pameran ARTefak Laut Kidul", Zufli Akhmansyah, pameran ini memiliki tujuan sosial dan kemanusiaan, sekaligus tujuan nilai jual, dan tentu saja yang berkaitan dengan edukasi.

"Dalam konteks mewadahi seniman yang memiliki bakat dan potensi namun karya-karyanya belum terpublikasikan maka dengan misi pameran yang diselenggarakan ini bisa diharapkan mendapat apresiasi dari pengunjung," ujarnya.

Kredit

Bagikan