Kota Bandung raih penghargaan kota sehat tingkat Provinsi Jawa Barat

user
Mohammad Taufik 15 Desember 2016, 10:14 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kota Bandung meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penghargaan Swasti Saba Wiwerda merupakan penghargaan kota sehat yang meliputi empat tatanan, yakni kawasan permukiman sarana dan prasarana umum sehat, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, kawasan ketahanan pangan dan gizi, dan kawasan pariwisata sehat

Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar kepada Sekretaris Daerah Kota Bandung, Yossi Irianto di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro Bandung, Rabu (14/12) kemarin.

Yossi mengungkapkan rasa syukurnya usai menerima penghargaan tersebut, sebab penghargaan itu diraih merupakan buah hasil kerja keras kolaborasi Pemerintah Kota Bandung dan seluruh komponen masyarakat terutama Forum Kota Sehat Kota Bandung,

"Alhamdulillah dalam dua tahun terakhir ini kota masuk dalam nominasi kota sehat. Penghargaan ini adalah barometer indikator kota sehat karena ini juga berkaitan dengan variabel-variabel infrastruktur, bagaimana menjadikan lingkungan sehat termasuk juga sanitasi dan budaya sehat," ujar Yossi.

Menurut Yossi, adanya political will merupakan salah satu poin penting berhasilnya Kota Bandung meraih penghargaan tersebut. "Di sini karena ada ajakan, imbauan kepada seluruh masyarakat untuk berbudaya sehat, bukan untuk penghargaan. Yang terpenting budaya-budaya sehat itu terus tumbuh di masyarakat," ujarnya.

Di Kota Bandung sendiri telah terbentuk Forum Rembug Perduli Bandung Sehat (FRPBS) yang mengurusi segala urusan kesehatan. Organisasi ini bersifat kolaborasi antara 20 persen anggotanya dari Dinas Kesehatan Kota Bandung dan 80 persen sisanya terdiri dari berbagai unsur lapisan masyarakat.

Ketua FRPBS Atalia Kamil, mengatakan forum ini terdiri dari berbagai unsur golongan, mulai dari masyarakat, perbankan, perusahaan, profesional, pemerhati kesehatan.

"Forum ini berperan meningkatkan mutu kesehatan di berbagai fasilitas kota, ruang-ruang publik, perkantoran termasuk sekolah," katanya.

Kota Bandung ditetapkan sebagai penerima penghargaan kota sehat setelah melalui verifikasi tim provinsi dan diverifikasi ulang oleh Kementerian Kesehatan berdasarkan berbagai indikator. Ada sembilan indikator atau tatanan yang dilombakan, yakni kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum sehat, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pariwisata sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, dan kehidupan sosial yang sehat.

Penghargaan tersebut merupakan bukti meningkatnya kualitas pola hidup sehat masyarakat Kota Bandung dari dua tatanan menjadi empat tatanan, sebab tahun 2014 lalu juga meraih penghargaan predikat kota sehat kategori Swasti Saba Padapa (2 tatanan wajib).

Kredit

Bagikan