Kemeriahan Angklung Pride 6 yang merakyat di Kampung Cijaringao

user
Farah Fuadona 27 November 2016, 15:51 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Hajatan "Angklung Pride 6" sebagai tanda dikukuhkannya angklung sebagai warisan budaya dunia di tahun ke enam ini berlangsung meriah. Pesta rakyat yang diselenggarakan di Kampung Awi Cijaringao itu berlangsung meriah dengan konsep begitu merakyat.

Diselenggarakan mulai pukul 07.00 WIB, bintang tamu sekaliber Doel Sumbang serta Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar turut memeriahkan hajatan tersebut. Mulai dari memainkan angklung bersama hingga momen berbagai angklung menjadi agenda dalam kegiatan tersebut.

"Ini jadi puncak acara gelaran Angklung Pride 6 yang sudah diselenggarakan sejak 16 November 2016 lalu. Kami berupaya untuk terus konsisten menyelenggarakan kegiatan seperti ini setiap tahunnya," ujar Pimpinan Saung Angklung Udjo, Taufik Hidayat Udjo kepada Merdeka Bandung, Minggu (27/11).

Sederet kegiatan yang berlangsung dalam hajatan "Angklung Pride 6" ini adalah "Ngangklung Sarerea", keluarga besar Saung Angklung Udjo bersama warga Cijaringao dan siswa sekolah sekitar bersama untuk memperingati enam tahun disahkannya angklung sebagai warisan budaya dunia yang bertepatan dengan 50 tahun Saung Angklung Udjo.

Kemudian ada "Kebon Riung Mumpulung", yakni penyelenggaraan rangkaian bazzar, permainan tradisional, serta pertunjukkan seni budaya Jawa Barat. Selanjutnya adalah "Babagi Angklung" yang merupakan pembagian satuan unit angklung ke sekolah-sekolah terdekat di Cijaringao.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menjabarkan, diselenggarakannya kegiatan di Kebon Awi Cijaringao ini merupakan upaya untuk mengajak masyarakat lebih luas mencintai budayanya sendiri khususnya angklung.

"Di Cijaringao ini dari anak kecil hingga orang dewasa semuanya bermain angklung, luar biasa ini mengagumkan. Semoga tidak hanya di sini saja, seluruh masyarakat bisa mencintai angklung dan melestarikannya," kata dia.

Kredit

Bagikan