Polisi Thailand beli pesawat CN235-220 M buatan PT DI

user
Muhammad Hasits 25 November 2016, 11:47 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) mengirim pesawat CN235-220M Multi Purpose Airfcraft ke Negeri Thailand. Pesawat terbang tersebut merupakan pesanan Royal Thai Police (RTP).

Pengiriman pesawat terbang dilakukan di landasan Bandara Husein Sastranegara, Bandung menuju Bandara Internasional Hat Yai, Thailand bagian selatan, Jumat (25/11). Ferry flight (kirim terbang) disaksikan langsung Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Direktur Utama PT DI Budi Santoso, Executive Assistant Managing Director Thai Aviation Industry Ltd Th Group Captain Manoon Nangern.

"Pesawat ini akan tiba di Thailand sekitar lima jam," kata Budi Santoso saat ditemui di hanggar PTDI.

Setelah tiba di Bandara Internasional Hat Yai, Thailand, pesawat akan diterbangkan kembali ke bandara Internasional Don Muang, Bangkok, Thailand, pada Sabtu (26/11) besok. Untuk kemudian pesawat akan melakukan final acceptance oleh Royal Thai Police selaku end user.

Pembelian CN235-220 ini menambah jumlah pesawat terbang yang terbang di udara Thailand. Lanjut dia, dua unit CN235-220 telah digunakan oleh MoAC Thailand yang dibuat PT DI.

Menurut dia, pesawat terbang CN235-220M ini dapat berfungsi sebagai angkutan VIP, troop transport, medical evacuation, passanger transport dan cargo yang dapat dimanfaatkan bergantian sesuai kebutuhan RTP.

Pesawat juga dilengkapi pintu depan yang bisa dipakai sebagai pintu masuk dan keluar untuk tamu VIP atau VVIP. "Terdapat juga pintu belakang khusus yang dibuka ke arah dalam dan cukup besar untuk dipakai operasi terjun payung," sambungnya.

Ramp door diberikan di pesawat ini untuk jalur keluar masuk barang yang ukurannya cukup besar buat satu kendaraan kecil.

Dia menambahkan, penandatanganan kontrak pengadaan satu ini pesawat terbang CN235-220M ini telah dilaksanakan pada 19 September 2014 antara PTDI dan Thai Aviation Industries Co., Ltd. Dengan ferry flight tersebut menurutnya bisa dibuktikan bahwa kepercayaan Pemerintah Thailand terhadap Indonesia cukup tinggi.

Kredit

Bagikan