Pentingnya mempelajari pertolongan pertama saat sakit ringan

user
Muhammad Hasits 14 November 2016, 11:01 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Tahukah Anda betapa pentingnya mempelajari pertolongan pertama saat sakit seperti tersedak, atau terjatuh? Tentu hal tersebut sangat penting. Untuk itu, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyelenggarakan kegiatan First Aid One Day Course (FORCE).

Pada kegiatan yang diselenggarakan di Mal Festival Citylink, IDI bekerjasama dengan pihak mal, dan Health Empowerment and Education Project, serta Tim Bantuan Medis Galenus FK Maranatha memberikan ilmu mengenai penanganan pertama bagi para siswa SMA/SMK dan guru SD di Bandung.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional 2016 ini dibuka oleh Yoni Fuadah Syukriani. Dalam kegiatan tersebut, terlibat 160 peserta yang terdiri dari 50 guru, 100 siswa, dan 10 pegawai dari Mal Festival Citylink.

"Acara ini diselenggarakan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 12 November lalu," ujar Penanggung Jawab Kegiatan FORCE, Patuh Ikra Negara kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Mal Festival Citylink, Jalan Peta, Minggu (12/11).

Menurut pria yang juga merupakan pengurus IDI bidang diklat, kegiatan bertujuan untuk melatih siswa, terutama guru juga mengenai pertolongan pertama pada perawatan. Fokus peserta dalam kegiatan merupakan para siswa dan guru.

"Fokusnya lebih ke siswa dan guru karena kami memberikan materi mengenai pertolongan pertama saat terjadi sesuatu di sekolah. Menurut kami juga paling mudah menjangkau siswa dan guru," jelasnya.

Acara yang diselenggarakan mulai pukul 07.30 WIB merupakan suatu Kelas Sehat yang bersifat Coaching & Hands On, para peserta diajarkan oleh tim dokter muda mengenai cara menangani masalah kesehatan yang sering dihadapi sehari-hari dan mempraktekkannya pada manekin.

Materi yang diberikan merupakan penanganan pertama bagi mereka yang tersedak, terkilir dan keseleo, cedera dan luka, pingsan karena berbagai sebab, dan bantuan hidup dasar.

Ketua bidang hukum IDI Bandung, Tammy J. Siarif mengatakan, ini merupakan kegiatan yang rencananya akan diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya oleh IDI Bandung guna mensosialisasikan bantuan hidup dasar.

"Kita tidak pernah tahu sakit itu kapan akan terjadi. Banyak hal yang bisa ditolong maka kala kita ketahui cara menolongnya, kita tidak akan pernah kesulitan. Banyak kejadian yang sebenarnya bisa diminimalisir dan tidak menimbulkan cedera lebih berat, asalkan kita tahu bagaimana cara menolongnya sejak awal," jelasnya

Kredit

Bagikan