Peduli korban banjir, Rumah Zakat bangun 10 rumah

user
Mohammad Taufik 02 November 2016, 15:49 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Rumah Zakat (RZ) membangun 10 rumah khusus korban banjir bandang di Kabupaten Garut yang terjadi pada September 2016 sebagai bentuk kepedulian.

Peletakan batu pertama 10 rumah bantuan RZ ini dilakukan di Blok Pananggungan Kelurahan Lengkong Jaya, Kecamatan Karangpawitan, yang berjarak 3 km dari lokasi bencana, pada Selasa (2/11). Direncanakan akhir tahun ini rumah bagi korban banjir selesai dibangun.

CEO RZ Nur Efendi, mengatakan sebenarnya RZ sudah konsen membantu korban banjir sejak bencana tersebut terjadi pada September 2016. Pembangunan rumah ini, kata dia, merupakan bentuk keseriusan RZ membantu korban banjir Garut.

"Banyak sekali korban banjir yang kehilangan rumah karena bencana terjadi begitu besar. Kami bekerja sama dengan Pemkab Garut untuk mewujudkan sedikit banyak kebutuhan rumah untuk korban banjir," ujar Nur kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Garut, Selasa (2/11).

Dengan bencana yang terjadi di Garut, kata dia, tentu banyak korban kehilangan rumah dan terpaksa mengungsi ke rumah saudara, tetangga dan kerabat lainnya. Proses pembangunan rumah dengan luas bangunan 36 meter per segi dan lahan 60 meter per segi itu diprediksi akan selesai akhir 2016.

Sehingga tahun depan, dia melanjutkan, para korban bencana banjir bandang dapat menempati rumah khusus yang berdiri di atas lahan milik Pemkab Garut tersebut. Mengenai 10 Kepala Keluarga yang akan menempati 10 rumah ini ditentukan oleh pihak Pemkab.

"Sebab mereka yang lebih mengetahui siapa saja lebih berhak untuk menerima bantuan ini. Dengan adanya program ini Pemkab Garut berharap lingkungan perumahan di sekitar kawasan kota dapat tertata dan terjaganya keseimbangannya," ujarnya menjelaskan.

Selain itu, mereka juga membuat program Aksi Peduli Bencana dengan kegiatan mulai dari menerjunkan para relawan untuk evakuasi, sampai distribusi makanan.

"Kami sejak awal sudah melakukan distribusi 15.000 nasi bungkus. 3.000 kornet Superqurban, 1.500 paket sanitasi, serta pemeriksaan kesehatan dan posko siaga selama periode tanggap bencana," ujar Nur Efendi.

Nur menjelaskan, atas dukungan dan donasi dari berbagai donatur dan mitra. RZ juga melaksanakan aksi recovery seperti pembersman lingkungan dan 500 rumah warga, selain itu juga telah dilakukan pengecatan rumah dan berbagai fasilitas umum.

"Pembangunan rumah relokasi di Blok Pananggungan ini pun menjadi bagian pendistribusian bantuan bagi korban banjir. RZ akan senantiasa berkolaborasi dengan donatur. mitra, dan berbagai pihak terkait lainnya untuk memastikan proyek pembangunan rumah relokasi ini dapat berjalan sesuai rencana," katanya.

Kredit

Bagikan