Emil minta bantuan Provinsi Jabar untuk atasi banjir Kota Bandung

user
Mohammad Taufik 29 Oktober 2016, 12:37 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Untuk menyelesaikan masalah banjir di Kota Bandung diperlukan koordinasi dengan daerah lain yang berada di wilayah Bandung Raya, yakni Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan sebagian Sumedang.

Beralih fungsinya lahan di Kawasan Bandung Utara (KBU) sering disebut-sebut menjadi penyebab utama banjir di Kota Bandung. Apalagi wilayah KBU tersebar di lima daerah Bandung Raya.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barar untuk menjalankan fungsi koordinatif untuk menuntaskan masalah banjir. Sebab pihaknya tidak memiliki kapasitas untuk mengkoordinasikan hal tersebut dengan daerah lain.

"Makanya tolong media sampaikan juga lewat ke provinsi bahwa fungsi koordinatif ada di provinsi. Sehebat-hebatnya kami bikin sistem, gorong gorong dan lain-lain kalau tumpahan dari atasnya luar biasa besar, tidak terkendali juga. Namanya wadah pasti ada batasnya ya," ujar Emil kepada wartawan, Sabtu (29/10).

Selain itu, lanjut Emil, pihaknya juga menaruh harapan besar dengan adanya Perpres Cekungan Bandung dari pemerintah pusat. Dengan adanya perpres tersebut, ada tindakan yang bisa dilakukan oleh kewenangan yang lebih strategis.

"Kalau mau jujur ya saya bulan lalu menemui Menseskab Pak Pramono Anung untuk menagih Perpres Cekungan Bandung. Karena ini contohnya saya sudah berkoordinasi. Mudah mudahan bisa cepat," katanya.

Kredit

Bagikan