Solidaritas masyarakat Bandung gelar deklarasi demi bela NKRI

user
Farah Fuadona 23 Oktober 2016, 11:23 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Semangat membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ditunjukkan oleh Solidaritas Masyarakat Bandung. Caranya, dengan melakukan deklarasi pada Minggu (30/10) mendatang. Deklarasi akan dilakukan di Stadion Siliwangi Bandung.

Dikabarkan akan ada puluhan ribu orang dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, serta pegawai negeri sipil yang akan mengikuti kegiatan tersebut. Hingga saat ini, peserta yang sudah melakukan konfirmasi untuk mengikuti deklarasi sudah berjumlah 12 ribu orang.

Bertitle "Deklarasi Bandung Untuk NKRI", ini merupakan suatu kegiatan pernyataan bersama yang dilakukan oleh puluhan oleh warga Indonesia yang menetap di Bandung sebagai pegingat kembali akan arti pentingnya nilai-nilai Pancasila dan UUD 45.

"Tentunya tak hanya mengingat nilai-nilai tersebut tetapi juga Bhineka Tunggal Ika, Persatuan dan Kesatuan, Perdamaian, Kerukunan Hidup, Cinta Tanah Air, dan Nasionalisme," ujar Ketua Pelaksana Deklarasi Bandung Untuk NKRI, Inge Bunga Suprayogi kepada Merdeka Bandung, Sabtu (22/10).

Latar belakang diselenggarakannya deklarasi ini, kata dia, melihat beberapa persoalan yang masih muncul dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat serta dalam pelaksanaan pembangunan adalah lunturnya nilai-nilai kebangsaan, kerukunan, cinta tanah air dan nasionalisme.

Lebih jauh Ketua Umum Panitia Deklarasi, Priana Wirasaputra menjabarkan, beberapa peristiwa dan fakta menunjukkan adanya sikap-sikap intoleransi, radikalisme, separatisme, serta pemaksaan kehendak yang inklnstitusional dari sebagian kelompok masyarakat sesama anak bangsa.

"Berangkat dari hal tersebut dan kondisi faktual inilah kemudian warga Bandung bergerak, bertindak, dan terpanggil untuk mengingatkan kembali tentang nilai-nilai kebangsaan Indonesia," kata Priana.

Kredit

Bagikan