Ini rangkaian Festival Indonesia Menggugat 2016 di Kota Bandung

user
Mohammad Taufik 21 Oktober 2016, 10:23 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sejumlah acara menarik akan mengisi Gedung Indonesia Menggugat, Bandung, sepanjang akhir tahun ini. Acara tahunan ini akan diikuti berbagai komunitas dan institusi pendidikan lewat Festival Indonesia Menggugat 2016: Literasi Dan Kebangsaan.

Koordinator Pengelola Sub Unit Gedung Indonesia Menggugat, Nunun Nurhayati, mengatakan sebagaimana festival sebelumnya, Festival Indonesia Menggugat tahun ini menyambut hari atau momen-momen penting dan bersejarah nasional, antara lain Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan, Hari Pers, dan Hari Ibu, dan lain-lain.

"Tujuan festival ini menggiatkan aktivitas literasi, menyongsong dan mendukung Bandung sebagai Kota Literasi yang akan dicanangkan pada 2018, dan memperteguh komitmen berbangsa untuk keberlangsungan NKRI," ujarnya Nunun Nurhayati, kepada Merdeka Bandung, Selasa (21/10).

Pihak GIM dengan komunitas telah merancang berbagai kegiatan mulai pameran, buka lapak perpustakaan/ruang baca 'terbuka', peluncuran buku, tadarusan, diskusi dan bedah buku, book charity, workshop, pemutaran film dengan materi dan bahasan utamanya bertema Kebangsaan.

Berikut adalah agenda Festival Indonesia Menggugat yang akan digelar di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan, Bandung:

  1. Komunitas Literasi Aleut, bedah buku Rahasia Bandoeng dan napak tilas jejak tokoh Rahasia Bandoeng, Jum'at 28 Oktober 2016
  2. Komunitas Taboo, Workshop Kampung Kreatif, Sabtu 29 Oktober 2016
  3. Komunitas Woke, workshop penulisan dan bisnis online untuk difabel, Minggul 30 Oktober 2016
  4. Rotary Club Kota Kembang, Garage Sale for Humanity dan Book Box Drop, Kamis sampai Sabtu 3 - 5 November 2016
  5. Majelis Sastra Bandung, pengajian sastra membahas buku Puisi karya Mira Antigone (Bali) pembicara Hery maja kelana (UPI), Minggu 6 November 2016
  6. Komunitas Dongeng Bengkimut, Festival Dongeng, Minggu,13 November 2016
  7. DKV Universitas Telkom, pameran karya wisudawan bertema Visualistik dan workshop ilustrasi buku Minggu-Rabu 27- 30 November 2016
  8. Komunitas Buku GIM, Festival Buku, Kamis-Rabu, 1 - 7 Desember 2016
  9. Kelompok Pencinta Alam Wanadri, pameran, pemutaran film, diskusi, bedah buku, (tentatif)
  10. Yayasan Haiku-ku pameran lukisan dan peluncuran buku Haiga Hari Ibu, Kamis-Sabtu 22 - 24 Desember 2016
  11. Komunitas Padi Kapas, gelaran buku 'perpustakaan kaki lima' dan tadarusan buku Indonesia Menggugat setiap akhir pekan Sabtu, pukul 19.00 sd 22.00, sejak 22 Oktober sampai 22 Desember 2016

"Kepada yang tertarik dan berkenan untuk turut merayakan pesta literasi dan kebangsaan ini, silakan bergabung," ajak Nunun.

Ia menambagkan, Gedung Indonesia Menggugat merupakan ruang publik di bawah pengelolaan Balai Pengelolaan Vagar Budaya, Nilai Budaya, dan Sejarah Unit Pelaksana Teknis Dinas Patiwisata Dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Kredit

Bagikan