Gempa di Subang, masyarakat diminta waspadai gempa susulan

user
Mohammad Taufik 19 Oktober 2016, 11:28 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala richter mengguncang Kabupaten Subang, Jawa Barat, pada Rabu (19/10) pagi ini. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Hanya saja Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta masyarakat waspada akan adanya gempa susulan.

"Masyarakat agar waspada dengan kejadian gempa bumi susulan yang energinya lebih kecil," kata Kepala Sub Bidang (Kasubid) Gempa Bumi dan Tsunami PVMBG Sri Hidayati, saat dikonfirmasi merdeka.com, Rabu (19/10).

PVMBG tidak mencatat adanya korban jiwa dari gempa yang terasa hingga wilayah Jabar dan DKI Jakarta tersebut.

"Hingga tanggapan ini dibuat belum dilaporkan adanya korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat kejadian gempa bumi ini," ujarnya.

Dia menambahkan, gempa bumi ini disebabkan adanya aktivitas zona subduksi. Mekanisme gempa bumi ini adalah sesar normal.

"Berdasarkan posisi kedalaman dan pusat gempa bumi yang sejajar dengan zona benioff maka diperkirakan kejadian gempa bumi tersebut bersumber dari aktivitas zona subduksi," ucapnya.

Dari pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terjadi pada koordinat 5.29 Lintang Selatan dan 108 Bujur Timur (BT). Gempa bumi berskala 6,5 richter berada di kedalaman 654 kilometer berjarak 120 Km Timur Subang Jawa Barat.

Kredit

Bagikan