Ridwan Kamil ingin Bandung jadi kota sepeda

user
Mohammad Taufik 15 Oktober 2016, 12:08 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bertekad membuat Kota Bandung menjadi kota sepeda. Pria yang akrab disapa Emil ini menginginkan Bandung seperti tahun 1930-an, dimana sepeda menjadi alat transportasi utama warganya.

Hal itu diungkapkan Emil saat bertemu dengan Komunitas Bike to School di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Jumat (14/10) kemarin.

"Mari kita rebut kembali Bandung sebagai kota sepeda. Bandung sudah terebut sebagai kota mobil, padahal zaman dulu tahun 30-an Bandung adalah kota sepeda," ujar Emil kepada wartawan.

Emil menuturkan, di negara-negara yang maju justru orang kaya menggunakan sepeda sebagai alat transportasi.

"Di negara maju seperti negara Skandinavia sudah tidak naik mobil lagi, karena sudah terlalu mainstream ganti naik sepeda. Nah tugas pemerintah mengkampanyekan menyamankan dan menyiapkan infrastruktur. Tugas anak-anak mengampanyekan di level anak sekolah," katanya.

Salah satu bentuk kampanye, Emil meminta kepada siswa, untuk memotret ketika menggunakan sepeda saat dalam perjalanannya. Sehingga dapat memotivasi bagi siswa lain untuk ikut menggunakan sepeda.

"Contohnya saat melewati taman, kita potret sambil selfie lalu upload. Orang-orang pasti merasakan, senyaman apakan bersepda sambil menikmati suasana alam di perkotaan, dengan upload dan seperti itu pasti mereka yang melihat akan mengikuti kita," ungkap Emil.

Menurut Emil, pihaknya sengaja mengampanyekan gerakan bersepeda ini kepada generasi muda, terutama anak-anak sekolah, karena lebih mudah mengedukasi.

"Karena mengedukasi orang dewasa susah. Mereka tidak mudah menangkap nilai dan mengubah gaya hidup. Maka strateginya kalau generasi bapaknya enggak bisa maka investasi di tingkat anak," ujarnya.

Kredit

Bagikan