Bantaran Sungai Cikapundung bakal dipercantik seperti di Korea Selatan

user
Mohammad Taufik 10 Oktober 2016, 18:03 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil baru saja kembali ke tanah air setelah berkunjung ke Kota Seoul, Korea Selatan, sejak Kamis (6/10) pekan lalu.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan telah menandatangani sejumlah poin kerja sama dengan Wali Kota Seoul. Salah satu poin kerja sama yakni terkait bantuan revitalisasi Sungai Cikapundung sepanjang 1 kilometer di Kecamatan Regol.

"Kita tahun depan akan merevitalisasi 1 km Sungai Cikapundung itu. Kita akan dibantu ahli dari Korea. Revitalisasi di Korea itu paling cantik sedunia," ujar Ridwan kepada wartawan saat ditemui di Kampus Unpad, Jalan Dipatiukur, Senin (10/10).

Emil menambahkan, untuk merevitalisasi Sungai Cikapumdung, pihaknya akan mendatangkan langsung para ahli dan insinyur dari Korea Selatan. Bantaran Sungai Cikapundung sepanjang 1 km di Kecamatan Regol nantinya akan dibuat seperti di Korea

"Untuk revitalisasi sungai ini nanti ada staf ahli dan insinyur dari Korea, biar kualitasnya memenenuhi ekspektasi internasional," katanya.

Untuk mewujudkan proyek ini, pemkab telah melobi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU Pera) untuk membantu menganggarkan dana terkait rencana revitalisasi Sungai Cikapundung tersebut.

Adapun dana yang dianggarkan untuk revitalisasi sungai Cikapundung ini yakni sekitar Rp 60 miar. "Jadi untuk revitalisasi sungai tahun 2017 dianggarkan sekitar Rp 60 miliar dari Kementerian PUPera," ujarnya.

Kredit

Bagikan