Kata Ridwan Kamil, IPK tinggi tak cukup, mahasiswa harus punya ini!

user
Mohammad Taufik 10 Oktober 2016, 16:40 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjadi pembicara dalam acara 'Emtek Goes to Campus' yang digelar di Kampus Unpad, Jalan Dipatiukur, Senin (10/10). Di depan ribuan mahasiswa, pria yang akrab disapa Emil ini memberikan motivasi dengan tema kepemimpinan.

Emil menyebut, menjadi menusia Indonesia hari ini harus menjadi pribadi yang kompetitif. Menurut Emil, para lulusan universitas jangan hanya mengandalkan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) saja.

"Modal IP saja tidak cukup. Selain memiliki kualitas dan skill yang dipilih dalam mencari kerja, juga harus punya nilai leadership," ujar Emil saat memberikan materinya.

Emil juga menekankan, bahwa dalam era kompetisi seperti sekarang yang semakin ketat, para lulusan universitas juga harus memiliki soft skill. Soft skill ini, kata dia, menjadi pembeda antara satu lulusan dengan lulusan lainnya.

"Poinnya dalam dunia kompetisi begini adalah nilai- nilai soft skill. Karena yang memiliki nilai IP-nya bagus jumlahnya banyak. Jadi dalam dunia kompetisi ini, yang dicari punya kelebihan kepribadian," katanya.

Lebih lanjut Emil mengatakan, sebagai calon pemimpin masa depan, lulusan perguruan tinggi juga harus memiliki jaringan (networking) bagus. Dengan jaringan yang dimiliki sejak di bangku kuliah, dapat memudahkan untuk melakukan berbagai hal setelah lulus kuliah.

"Gunakan media sosial untuk mengeksplor bisnis dan sebagainya. Networking is everything. Sekarang punya mimpi bekerja bukan hanya di dalam negeri. Dengan modal pinter dan jago Bahasa Inggris siapapun kini bisa kerja di luar negeri," ujarnya.

"Jadilah pribadi bisa membawa perubahan. Jangan jadi orang biasa biasa aja. Negeri indah tapi masalahnya juga banyak," tuturnya.

Kredit

Bagikan