Kain tradisional dalam aplikasi modern pada jaket tenun Ofie Laim

user
Mohammad Taufik 15 Juni 2016, 12:04 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Tak sedikit orang yang menganggap jika menggunakan kain tradisional akan nampak kuno. Padahal itu salah besar. Nyatanya, desainer Ofie Laim sukses mengemas kain tradisional asal NTT menjadi suguhan busana yang 'bernapas' modern.

Melalui sebuah desain jaket bergaya modern, perempuan berambut pendek itu mengaplikasikan tenun asal NTT menjadi begitu cantik dan elegan. Bergaya sporty, jaket tenun ini dibuat dengan model kasual.

Bukan tanpa tujuan Ofie mengaplikasikan kain tenun dalam desain buatannya. Ia punya misi, yakni melestarikan budaya asli Indonesia. Salah satu caranya dengan menggunakan kain tradisional yang dimulainya dengan menggunakan kain tenun NTT.

"Awalnya buat jaket untuk anak muda, ternyata ibu-ibu juga banyak yang suka. Saya berusaha membuat kain tradisional yang identik dengan acara formal, menjadi busana yang juga bisa digunakan sehari-hari," ujar Ofie kepada Merdeka Bandung, Rabu (15/6).

Ofie menjabarkan, sejak lama ia memang fokus dengan desain bergaya etnik. Kini pilihannya tengah jatuh pada tenun NTT. Menurut dia kain tenun asal NTT memiliki banyak sekali motif yang cantik dan bakal nampak apik bila diaplikasikan.

Seperti kain tenun bermotif boti dan ayotupas. Kedua motif tersebut menjadi motif paling banyak dimanfaatkan oleh Ofie dalam jaket buatannya karena mampu memberikan kesan elegan bagi mereka yang menggunakan.

Soal warna, ia membuatnya dengan koleksi lengkap. Mulai dari warna terang seperti merah, oranye, ungu, ataupun warna netral seperti hitam, serta abu-abu.

"Kebanyakan kain tenun ini dipakai dalam keadaan serius seperti pesta, atau kumpul keluarga besar. Nah, saya buat dengan gaya casual sporty. Ini menyangkut harga juga. tenun handmade identik mahal, karena mahal itu jadi dipecah dan dibuat banyak. Itu yang membuat harga jaket tenun tetap terjangkau," katanya.

Ofie Laim membanderol jaket tenun buatannya dengan harga Rp 450 ribu hingga Rp 900 ribu. Harga yang terjangkau ini membuat Ofie bisa leluasa melebarkan sebaran penjualannya ke berbagai kalangan.

Tertarik? Langsung saja cek instagram Ofie untuk melihat koleksi jaket tenun dan berbagai model busana etnik lainnya di @ofielaim atau Facebook Ofie Laim.

Kredit

Bagikan