Fa Cai Yu Sheng, menu wajib pembawa keberuntungan kala Imlek

user
Mohammad Taufik 04 Februari 2016, 10:09 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Jika tak sedikit orang yang menilai bahwa makanan wajib kala Tahun Baru Chinese atau Imlek adalah dodol, Anda salah besar. Ada satu menu wajib lainnya, yakni Fa Cai Yu Sheng.

Fa Cai Yu Sheng merupakan penganan yang tak boleh terlewatkan karena diyakini sebagai santap sehat pembawa rizki. Fa cai Yu Sheng atau yang dikenal juga dengan Yee Sang ini merupakan makanan pembuka.

"Menu ini terdiri dari irisan jeruk nipis segar ditambah jahe merah, jahe putih, wortel, lobak, kacang, manisan pepaya, wijen, dan irisan ikan," ujar Chef The Trans Luxury Hotel, Shifu Tang Hing Tong atau dikenal dengan Chef Peter Tang, Rabu (03/02).

Di Singapura dan Malaysia, yee sang adalah hidangan khusus untuk Tahun Baru Imlek. Makanan ini dihidangkan sebagai makanan pembuka, dan biasanya dimakan pada hari Renri atau hari ke-7 bulan pertama kalender Imlek.

Hidangan yang diracik dengan iringan doa-doa khusus ini memiliki cita rasa manis, pedas, asam, dan asin. Cara memakannya juga unik yakni dengan diangkat tinggi-tinggi dan diaduk secara acak sebagai penanda rizki tiba dengan lancar.

"Angkat tinggi dengan ucapkan Lo Hei Lo Hei untuk menandakan bermulanya tahun baru yang makmur," tuturnya.

Untuk menikmati salah satu penganan wajib kala Imlek ini bisa langsung datang ke The Trans Luxury Hotel dalam sajian "Spring Festival" pada Minggu, 7 Februari 2016 mendatang di Jalan Gatot Subroto.

Kredit

Bagikan