Permainan edukasi islami, ada game anak sholeh

user
Muhammad Hasits 18 Februari 2018, 13:06 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Perkembangan teknologi informasi dewasa ini telah mencapai puncaknya. Perkembangan terjadi pada hampir setiap aspek kehidupan, baik itu aspek pendidikan maupun aspek sederhana lainnya, contohnya bermain.

Namun seiring dengan masifnya perkembangan teknologi tersebut, terdapat dampak positif dan negatif yang dihasilkan. Berbicara tentang dampak positif, tentu hal tersebut dapat terlihat dari semakin mudahnya seseorang dalam bekerja, berkomunikasi, dan mendapatkan informasi secepat mereka memesan kopi di kedai kopi.

Public Relations Manager Agate, Vera Tan mengatakan, jika berbicara tentang dampak negatif, tentu hal inilah yang menjadi sorotan utama dalam perkembangan masif teknologi. Dampak negatif tersebut tidak hanya terlihat dari bermunculannya berita-berita negatif yang seolah-olah berkembang biak tanpa bisa dihentikan.

"Namun dalam aspek bersosialisasi pun demikian, sudah bukan hal yang tabu lagi jika kita melihat anak-anak lebih sering bermain dengan gadget ketimbang bersosialisasi dengan teman sebayanya," ujar Vera dari siaran berita yang diterima Merdeka Bandung, Minggu (18/2).

Fenomena seperti ini lazim ditemui di berbagai tempat dan sudah seperti efek domino, ada beberapa orang tua yang merasa khawatir dengan kondisi tersebut. Realita tersebut tidaklah harus dipandang sebagai suatu yang mengganggu atau mengancam, tetapi hal tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kepentingan yang lebih positif melalui berbagai terobosan di bidang edukasi anak.

Satu dari sekian banyak terobosan tersebut ialah melalui permainan digital atau game. Game secara psikologis dapat merangsang keingintahuan anak jauh melampaui umurnya dan game bisa merangsang sisi kreativitas anak dalam mengembangkan diri serta memecahkan masalah.

"Fenomena inilah yang mendorong Agate untuk menyediakan sebuah platform game yang berbasis pada dua hal, yakni edukasi dan hiburan. Penggabungan kedua hal tersebut bukan tanpa sebab, penggabungan edukasi dan hiburan dimaksudkan agar anak dalam menerima pembelajaran tentang agama tidak terlalu kaku dan terkesan satu arah," papar dia.

Melainkan dapat menikmatinya dengan cara yang anak sukai. Salah satu game yang dikembangkan Agate untuk menjawab tantang tersebut ialah “Game Anak Sholeh”.

Game Anak Sholeh adalah produk game edukasi Islami yang berbasis pada pendidikan pengenalan akhlak Islam untuk usia dini. Game ini dikemas dalam sebuah cerita petualangan yang menghibur, namun dalam setiap episode petualangannya disisipi misi-misi ibadah yang bisa membuat anak betah belajar agama.

Game ini dapat membantu orang tua dalam memberikan dan mengenalkan pendidikan dasar agama Islam, yang meliputi pengenalan wudhu, doa harian, huruf hijaiyah, tutorial sholat, kisah nabi dan rasul, serta beberapa pengetahuan lainnya.

Meski dibalut dengan unsur edukasi, game ini dapat dikatakan jauh dari kata membosankan. Karena Game Anak Sholeh berisi ratusan variasi konten dan mini games edukatif. Serta dialog yang ditampilkan dibuat sesingkat mungkin dan grafis yang ada di dalamnya, dibuat dengan memerhatikan kondisi psikologis anak yang cenderung menyukai gambar-gambar yang memiliki warna kontras yang tinggi.

Selain itu karakter yang ditampilkan di dalamnya juga turut memperkaya cerita, seperti Ali yang merupakan karakter utama di dalam game yang memiliki karakter periang dan suka tantangan. Serta teman-temannya, yaitu Abro, Jana, Danis, serta Muza seekor makhluk yang menyerupai kucing lucu yang menggemaskan.

Konten yang ada di dalam game ini telah mengalami berbagai penyaringan, sehingga sangat aman untuk anak-anak. Termasuk tidak adanya iklan di dalam aplikasi, supaya anak lebih bebas berpetualang saat sedang bermain game.

Selain berbentuk digital, game ini juga dilengkapi dengan paket fisik yang bisa meningkatkan interaksi antara orang tua dan anak. Paket fisik ini bisa dibeli di Marketplace seperti Tokopedia maupun Bukalapak. Dilengkapi dengan berbagai item menarik, seperti Board Game, Buku Aktivitas, dan Kartu Koleksi yang sudah bisa menggunakan fitur AR (Augmented Reality).

Selain Game Anak Sholeh, adapula aplikasi Pendamping Anak Sholeh, yaitu aplikasi yang dibuat khusus untuk orang tua. Aplikasi ini terhubung ke Game Anak Sholeh. Sehingga orang tua bisa mengontrol, memberikan support, dan melihat aktivitas anaknya bermain game.

Di dalam fitur Pendamping Anak Sholeh terdapat beragam fitur. Fitur-fitur tersebut berfungsi untuk meningkatkan interaksi antara orang tua dan anak.

Salah satu fitur baru yang ada di dalam Pendamping Anak Sholeh dan Game Anak Sholeh ialah Real Life Mission. Fitur baru ini dibuat dengan melihat banyaknya orang tua zaman sekarang yang terlalu sibuk sehingga kurang quality time dengan anaknya.

Dengan dimainkannya fitur Real Life Mission ini, diharapkan dapat membantu menghidupkan energi positif di dalam keluarga dengan adanya misi yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya di dunia nyata.

Di dalam aplikasi Pendamping Anak Sholeh, terdapat fitur lainnya seperti Jurnal Sholeh dan Kirim Pesan. Jurnal Sholeh berfungsi untuk melihat aktivitas anda dalam bermain game, di dalamnya orang tua dapat melihat hasil dari kuis dalam Game Anak Sholeh serta melihat pekembangan anak dan dapat dijadikan acuan untuk membantu anak mempelajari apa yang tidak ia mengerti.

Kemudian, fitur Kirim Pesan. Di dalam fitur ini orang tua dapat mengirim pesan dan semangat untuk anak. Selain itu terdapat pula fitur Newsfeed yang berisi tentang tips-tips parenting untuk para orang tua dan tentu bermanfaat dalam mendidik anaknya untuk menjadi insan berakhlak mulia.

Kredit

Bagikan