oBike hadir di Bandung, yuk keliling kota dengan sepeda

user
Muhammad Hasits 20 Desember 2017, 17:16 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Untuk mewujudkan transportasi hijau yang humanis, Kota Bandung  terus berbenah. Salah satu yang hadirkan dengan memperbanyak bike sharing (sewa sepeda) di Bandung.

Setelah hadir program BOSEH (Bike on the Street Everybody Happy) yang mulai dioperasikam pada pertengahan tahun ini, saat ini hadir oBike untuk memberikan kenyamanan serta kegembiraan dalam berkendara.

Obike merupakan aplikasi yang sangat mudah diakses, nyaman dan ramah lingkungan. Aplikasi tersebut merupakan platform sepeda tanpa stasiun pertama berasal dari negara Singapura. Dengan teknologi terbaru, oBike memberikan keakuratan lokasi yang memungkinkan pengguna sepeda dengan mudah mengindentifikasi oBike terdekat.

Cara menggunakan Obike cukup mudah, pertama download di apps Store atau Play Store, lalu top up saldo yang ada di ATM maupun kartu kredit. Jika ingin menggunakan oBike cukup mendatangi hotel yang menyediakan oBike, lalu beli vouchernya, maka sepeda bisa digunakan.

Hampir sama seperti bike sharing yang ada di kota Bandung, oBike pun bisa di gunakan dan disimpan dengan mudah asalkan ada shelter yang telah disediakan. Kali ini shelter atau stasiun oBike di Kota Bandung baru di hotel-hotel. Maka dari itu, oBike bersama Indonesian Hotel General Manager Association Chapter Parahyangan (IHGMA Chapter Parahyangan) melakukan kerjasama dalam hal penyediaan sepeda di Kota Bandung secara eksklusif. Shelternya saat ini telah ada lebih dari 65 hotel di Kota bandung yang penggunaannya terbuka untuk umum.

Penyediaan smart bike tersebut sebagai salah satu fasilitas baru di hotel-hotel. Selain itu, kerjasama tersebut merupakan pendukung untuk mewujudkan visi kota Bandung yang unggul nyaman dan sejahtera.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, hadirnya bike sharing di Bandung menjadi salah satu alternatif bertransportasi ramah lingkungan. Menurutnya, dunia sudah bergeser dengan perkembangan yang cukup pesat, bahwa penyelesaian kemacetan, degradasi lingkungan salah satunya dari kendaraan bermotor.

"Maka dari itu salah satu solusi yaitu bertransportasi publik dengan bersepeda atau jalan kaki. oBike hadir di Bandung untuk menumbuhkan budaya bersepeda," ujar Didi saat peluncuran oBike di Taman Sejarah, Rabu (20/12).

Dengan hadirnya oBike, Bandung kini punya bike share global. Sebab, Indonesia merupakan negara ke 18 di mana oBike beroperasi dan kota Bandung menjadi kota pertama mengoperasikan di Indonesia. Seperri diketahui, oBike telah beroperasi di sejumlah negara seperti Australia, Inggris, Jerman, Austria, Spanyol, dan Taiwan.

Didi berharap, dengan hadirnya oBike masyarakat Bandung lebih menginginkan untuk bersepeda dalam beraktivitas. "Saya harap yang dulunya belum bersepeda, setelah hadir oBike bisa memutuskan untuk bersepeda dan membiasakan dalam aktivitas sehari-hari," katanya.

Mulai sekarang simpan kendaraanmu ya, kemudian jalan-jalan di kota Bandung dengan sepeda.

Kredit

Bagikan