Jual budaya Indonesia di luar negeri lewat jaket berwarna cerah

user
Farah Fuadona 01 Februari 2017, 13:30 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Memperkenalkan budaya Indonesia tak melulu lewat sebuah pagelaran seni ataupun fashion busana tradisional. Kamawardhana seorang desainer otodidak asli Kota Kembang berupaya menjual budaya Indonesia lewat jaket dengan desain urban.

Tak ada sedikit pun kain berunsur tradisional, pria yang akrab disapa dengan Dhana itu mengaku membuat sebuah jaket dengan tema "Indonesia" yang bergaya ala urban. Dhana memang dikenal sebagai desainer yang mengusung tema urban namun tetap menonjolkan ciri daerahnya.

Dengan bahan jaket yang dingin, Dhana membuat jaket "Indonesia" dengan gaya printing. Ada beberapa budaya Tanah Air yang tertera dalam "Indonesia". Seperti seorang wanita yang menggunakan busana tari merak lengkap, serta beberapa wanita dengan busana tarian tradisional lainnya.

"Saya gambar dulu semuanya, setelah jadi lalu diprint ke jaket. Biar terkesan kasual dan nyaman, saya membuat jaket dengan model sederhana soalnya kalau terlalu banyak ornamen nantinya ribet," ujar Dhana kepada Merdeka Bandung, Rabu (1/2).

Dhana menjabarkan jaket "Indonesia" ini terinspirasi dari budaya Tanah Air. Keberagaman budaya ini ia satukan dalam sebuah desain jaket yang kekinian. Jaket ini dinilainya merupakan prototipe budaya Indonesia.

"Dengan menggunakan warna cerah, saya nilai ini Indonesia banget. Cerah itu identik dengan kebahagiaan sehingga sangat merefleksikan," ujarnya.

Dengan upaya mengenalkan budaya Indonesia ke warga asing, Dhana mempromosikan produknya di negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Jaket yang dibuatnya ini rupanya diminati oleh warga asing karena desainnya yang catchy dan modelnya terlihat trendy.

Tak berhenti sampai jaket "Indonesia" saja, ke depan Dhana masih akan terus bereksplorasi dengan desain bernafaskan budaya. Meski tak melulu menggunakan kain tradisional, Dhana tetap menonjolkan identitas Indonesia dalam setiap desain buatannya.

Kredit

Bagikan