Karpet di Arafah timbulkan gatal, jemaah haji Jabar dibekali tikar

Oleh Mohammad Taufik pada 20 Juli 2016, 10:58 WIB

Bandung.merdeka.com - Jumlah jemaah calon haji asal Jawa Barat (Jabar) tahun 2016/1437 Hijriah sebanyak 30.428. Mereka terdiri dari 30.020 jemaah dan 408 petugas berasal dari 9 kota dan 18 kabupaten.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini setiap jemaah calon haji akan mendapat tikar mendong khas Tasikmalaya. Tikar ini akan berguna untuk rangkaian ibadah haji pada saat di Arafah dan Mina.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, mengatakan tikar tersebut akan mengatasi ketidaknyamanan akibat karpet di Arafah dan Mina yang sudah dipakai bertahun-tahun dan sering menimbulkan keluhan gatal-gatal.

Tikar mendong yang akan dibagikan, kata dia, terbuat dari bahan ramah lingkungan dan berguna mendorong perekonomian rakyat. "Tikar ini akan dibagikan secara gratis kepada semua jemaah," katanya.

Jumlah tikar khas tersebut disediakan sebanyak jumlah jemaah, yakni 30.428 jemaah. Dana yang dianggaran untuk tikar ini mencapai Rp 1,4 miliar.

Selain itu, Pemprov Jabar sudah menyiapkan tata kelola/manajemen Haji tahun ini, mulai kapasitas sumber daya manusia dan sertifikasi pembimbing serta petugas haji, manajemen kloter, peningkatan fasilitas penunjang, hingga transportasi.

Direncanakan, kelompok terbang (kloter) pertama calon jamaah haji Jawa Barat akan masuk asrama embarkasi Jakarta-Bekasi, Senin 8 Agustus, dan berangkat 9 Agustus mendatang.

Tag Terkait