Pemprov Jabar hibahkan 1 hektare tanah untuk UIN Jakarta

Oleh Mohammad Taufik pada 17 Juli 2016, 15:18 WIB

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menghibahkan tanah seluas satu hektare kepada Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Hibah tersebut diharapkan semakin memajukan dunia pendidikan.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, mengatakan hibah tersebut juga sebagai bukti keberpihakan pemerintah terhadap dunia pendidikan.

"Demi kemajuan pendidikan di Indonesia maka tanah yang satu hektare ini saya hibahkan juga untuk UIN," katanya, melalui rilis yang diterima Merdeka Bandung, Minggu (17/7).

Hibah diserahkan langsung gubernur kepada Rektor UIN Syarif Hidayatullah Dede Rosyada saat acara Halal Bihalal di kampus tersebut, Jumat (15/07) lalu.

Walaupun UIN Syarif Hidayatullah secara administratif berada di wilayah DKI Jakarta, namun teritorialnya berada di Provinsi Banten. Sebelum 2002, sebelum lahirnya Provinsi Banten, kampus tersebut masuk di wilayah Jawa Barat.

"Tentu UIN saya tidak punya hak untuk membantu sekarang karena berbeda provinsi. Tetapi sekali lagi saya tidak pernah ragu urusan pendidikan aset Jawa Barat yang satu hektare itu yang saat itu dipinjam pakaikan saya hibahkan," ujarnya.

Menurut dia, tidak pernah ada peradaban hebat dan maju tanpa insan-insan pendidikan. Bila negara ingin maju maka pembangunan pendidikan harus diutamakan.

Ia menuturkan, pihaknya juga sudah menghibahkan berhektare-hektare lahan ke ITB, IPB, Unpad dan lain-lain. Hingga saat ini jumlah kampus di Jawa Barat terus bertambah. Yang terbaru adalah adanya dua Politeknik Negeri baru di Indramayu dan Subang.

"Kami juga punya kampus baru Unsil di Tasikmalaya dan Unsika di Karawang, dan tahun ini kami membuat tiga lagi, ITB di Cirebon, IPB di Sukabumi dan Unpad di Pangandaran, mudah-mudahan ini bagian dari keberpihakan kita kepada pendidikan," ujarnya.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Dede Rosyada menyatakan rasa terima kasih kepada Pemprov Jabar atas hibah walau berbeda wilayah provinsi.

Rencananya tanah hibah akan digunakan untuk perluasan FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. "Insya Allah ini akan digunakan untuk perluasan kampus fakultas FISIP," ujarnya.

Tag Terkait