Ini peta destinasi wisata di Jawa Barat

Oleh Mohammad Taufik pada 12 Juli 2016, 10:42 WIB

Bandung.merdeka.com - Libur lebaran sudah usai, tapi libur sekolah masih panjang. Maka untuk mengisi libur sekolah, Jawa Barat (Jabar) memiliki banyak obyek wisata yang menarik dikunjungi.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyebutkan libur sekolah rata-rata sampai 18 Juli. Maka terbuka peluang menjajal banyak obyek wisata di Tatar Pasundan ini.

Ia mengungkapkan destinasi wisata di Jabar sedikitnya terdapat 1.480 obyek. Dari jumlah tersebut, ada 70 obyek potensial tersebar di 27 kota dan kabupaten.

"Sebagai provinsi yang besar, obyek wisata alam, buatan, dan kombinasi keduanya, Jabar punya segalanya. Setelah silaturrahmi, mari berwisata pada destinasi wisata Jabar," katanya melalui rilis yang diterima Merdeka Bandung.

Ia lalu mengungkapkan peta destinasi wisata di Jabar. Misalnya di Sukabumi minimal ada dua tempat yang asyik buat dikunjungi, yaitu Pantai Palabuhan Ratu dan Geopark Ciletuh.

Obyek tersohor lainnya di Jabar adalah Gunung Tangkuban Parahu, Lembang, yang merupakan salah satu gunung masih aktif di Indonesia. Di Gunung ini, pengunjung dapat melihat 10 kawah.

Di antara 10 kawah Tangkuban Parahu, ada tiga yang paling sering dikunjungi wisatawan, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas dan Kawah Domas.

Sedangkan di selatan Jabar, ada Kawah Putih yang berada di bawah kaki Gunung Patuha, Kabupaten Bandung. Kelebihan kawah ini memiliki warna berubah-ubah apabila terkena sinar matahari.

Secara umum, kawah putih merupakan kawah berwarna kehijauan dan diselimuti kabut asap tipis serta mengandung belerang sangat kuat.

Masih di selatan, ada Situ Patengan. Danau yang luasnya sekitar 45.000 hektare ini berada pada ketinggian 1600 mdpl. Sehingga Situ Patengan memiliki udara sangat sejuk.

Selain menyajikan pemandangan indah, di Situ Patengn pengunjung bisa berwisata perahu mengelilingi danau, termasuk mengelilingi Pulau Asmara dan Batu Cinta.

Di bagian barat Jabar terdapat Kebun Raya Bogor. Lokasi ini sebagai tempat melestarikan aneka ragam tumbuhan di Indonesia. Kebun seluas 87 hektare ini memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tanaman khas Indonesia.

Kebun Raya Bogor memiliki nilai sejarah yang tinggi. Selain itu terdapat bunga bangkai atau Amorphophalus titanum. Pada saat berkembang dan mekar bunganya, bunga ini menebarkan bau mirip bangkai. Â

Sedangkan di Kota Bandung, terdapat banyak obyek wisata kuliner, wisata belanja dan berbagai wahana permainan buatan yang tepat untuk liburan keluarga.

Jabar juga memiliki banyak pantai, antara lain Pantai Pangandaran, Pantai Pelabuhan Ratu, dan Pantai Ujung Genteng.

Ketiga pantai tersebut memiliki pemandangan sangat bagus. Masing-masing memiliki beberapa topografi, mulai pantai curam sampai landai, tebing karang terjal, ombak laut sangat besar, hingga dilengkapi hutan cagar alam.

Sementara di kawasan utara Jabar, ia menambahkan, pengunjung bisa wisata belanja batik Trusmi, menikmati kuliner Cirebon hingga melihat penangkaran buaya di Blanakan, Subang. Di utara juga terdapat pantai, antara lain Pantai Patimban dan Pondok Bali.

Tag Terkait