Polisi Siap Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru

Oleh Endang Saputra pada 24 Desember 2018, 16:00 WIB

Bandung.merdeka.com - Pihak kepolisian siap menjaga keamanan di beberapa tempat ibadah selama berlangsungnya perayaan Natal. Sedikitnya ada 24 ribu personel yang dikerahkan untuk mengamankan jalannya Misa Natal dan Tahun Baru 2019 di Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, pihaknya menggelar operasi lilin lodaya 2019. Khusus untuk Natal, pengamanan dikhususkan di tempat-tempat ibadah.

"Total ada 24 ribu personel di wilayah hukum Jabar, yang akan dikerahkan untuk mengamankan malam Misa Natal hingga tutup tahun nanti," ujar Trunoyudo kepada wartawan, Senin (24/12).

Menurut Trunoyudo, pihak kepolisian melakukan pengamanan di 600 lebih gereja. Pola pengamanan yang diterapkan akan dilakukan secara terbuka dan tertutup.

"‎Untuk pengamanan terbuka dan tertutup dalam artian preventif dan preventif sampai dengan awal deteksi dan juga pola untuk nanti penegakan hukum," ujarnya.

Pihaknya juga melakukan sterilisasi di lokasi tempat ibadah dan sekitar tempat ibadah. Dia pun mengimbau kepada masyarakat untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban selama Natal dan Tahun Baru nanti.

"‎Mohon maaf kita akan melakukan pengecekan (barang bawaan). Jadi tidak perlu membawa ransel atau tas yang tidak diperlukan saat ibadah termasuk orang-orang yang ada di sekitar tempat ibadah atau didalam tempat ibadah,"katanya.

Â