Relawan Ridwan Kamil kerahkan ribuan saksi untuk kawal pencoblosan di TPS

Oleh Muhammad Hasits pada 24 Juni 2018, 16:14 WIB

Bandung.merdeka.com - Barisan Ridwan Kamil (Barka), salah satu kelompok relawan pendukung pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) akan mengerahkan ribuan saksi pada saat pemungutan suara 27 Juni mendatang. Sedikitnya 3 ribu relawan Barka akan bergabung dengan saksi lainnya untuk mengawal proses pencoblosan hingga perhitungan suara.

"Kita sudah siap untuk turun ke TPS dari mulai jam enam pagi hingga selesai dan mengawal ke kecamatan hingga sampai ke tingkat Kabupaten atau Kota," ujar ketua relawan Barka, Agus Dimiati di Bandung, Sabtu (23/6).

Agus mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan kelompok relawan pendukung Rindu lainnya untuk mengantisipasi adanya serangan fajar atau upaya tindak kecurangan dari paslon lain.

"Kita sudah koordinasi dengan relawan yang lain untuk minggu tenang akan awasi semua. Terutama di TPS nanti, jika kita menemukan pelanggaran, akan kita laporkan langsung dan minta ditindaklanjuti," katanya.

Selain itu, relawan Barka akan mengupayakan bersama kelompok lainnya untuk memantapkan memilih paslon Rindu pada saat pencoblosan. Ia mengingatkan para relawan untuk tidak tergiur ajakan atau hasutan dari tim lain untuk berpaling dukungan.

"Akan kami mantapkan dengan koordinasi internal," ucapnya.

Sementara itu, Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku telah mendapat dukungan sebanyak 30 kelompok relawan dari berbagai daerah di Jabar dengan sebutan yang berbeda-beda. Bahkan para relawan tersebut kerap mengawal dan mendampingi Emil blusukan selama masa kampanye.

"Relawan ini jumlahnya sangat banyak, ada 30 kelompok dengan total sekitar puluhan ribu orang. Kerja mereka sangat maksimal, dan akan dimaksimalkan lagi hingga hari pencoblosan 27 Juni nanti," ungkapnya.

Salah satu dukungan datang dari Kader muda Partai Bulan Bintang (PBB) atau yang biasa disebut Pemuda Bulan Bintang. Mereka mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Rindu (Ridwan Kami-Uu Ruzhanul Ulum). Deklrasikan dukungan disampaikan oleh kader Pemuda Bulan Bintang dari 27 kabupaten/kota di seluruh provinsi Jawa Barat.

Ketua Pemuda Bulan Bintang Jawa Barat Muhamad Ali Nurhakim mengatakan, pihaknya memutuskan untuk memberikan dukungan kepada pasangan Rindu karena keduanya dinilai sebagai sosok yang sangat cocok untuk memimpin Jawa Barat. Ridwan Kamil sebagai pemimpin inovatif sementara Uu sebagai pemimpin religius dari kalangan pesantren. Kombinasi keduanya dinilai senagai pasangan yang pas untuk menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar.

"Kita bersama sama mendeklarasikan diri untuk Rindu, karena memang Rindu dipandang oleh kita Rindu cerdas, visioner dan prigresif. Kemudian dengan sosok Kang Uu juga beliau seorang kiai sudah jelas dan insyallah Kang Ridwan Kamil juga, kita melihat beliau sangat berpengalaman dalam program-program ekonomi, program keagamaan," ujar Ali.

Dia mengatakan, Kota Bandung dibawah kepemimpinan Ridwan Kamil juga banyak menggagas program ekonomi berbasis agama. Jika terpilih menjadi gubernur, program ini diharapkan dapat dibawa ke tingkat Jawa Barat.

"Seperti kita tahu bahwa ada program ekonomi berbasis agama yang melibatkan semua masjid di Kota Bandung. Saya berharap mudah-mudahan ketika Rindu ini menang dan jadi gubernur program ini bisa diteruskan di kota kabupaten se-Jawa Barat," katanya.

Tag Terkait