PLN beri edukasi soal listrik ke murid SD di 16 sekolahan di Jabar

Oleh Mohammad Taufik pada 24 Juli 2017, 18:30 WIB

Bandung.merdeka.com - Listrik sangat bermanfaat bagi kehidupan karena energi listriklah yang menyalakan segala peralatan elektronik. Namun, tahukah kita bahwa listrik dapat membahayakan bahkan menyebabkan kebakaran?

Untuk meningkatkan pengetahuan umum anak-anak tentang ketenagalistrikan, terutama tentang manfaat dan bahaya listrik, dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional 2017, PLN Distribusi Jawa Barat menyelenggarakan 'PLN Goes To School'.

Kegiatan ini dilaksanakan di 16 sekolah dasar yang tersebar di seluruh Jawa Barat pada tanggal 21 dan 24 Juli 2017.

General Manager PLN Distribusi Jawa Barat, Iwan Purwana menyampaikan, bahwa pengetahuan umum tentang ketenagalistrikan sangat penting dipahami oleh anak-anak sejak usia dini, salah satunya agar anak-anak tidak sembarangan bermain stop kontak listrik.

"Listrik itu sangat dekat dengan kehidupan umat manusia, sehingga pengetahuannya harus ditanamkan di bangku sekolah sejak dini," ujar Iwan dari siaran berita yang diterima Merdeka Bandung, Senin (24/7).

Pada acara yang diikuti oleh total sekitar 1600 siswa/siswi, General Manager dan Seluruh Manajer Area se Jawa Barat berbagi pengetahuan ketenagalistrikan dengan anak-anak mulai dari asal mula datangnya listrik, bagaimana listrik sampai di rumahnya masing-masing, dan keselamatan ketenagalistrikan.

Antusiasme anak-anak nampak sepanjang acara. Rasa ingin tahu mereka semakin besar saat GM mensimulasikan gangguan listrik akibat arku layang-layang, antenna TV, dan ranting pohon dengan alat peraga dari karya inovasi PLN Purwakarta bernama Mr. Edu. Anak-anak sangat semangat untuk mencoba simulasi tersebut secara langsung.

“Alat simulasinya bagus banget. saya baru paham kalau arku layang-layang basah yang nyangkut di jaringan listrik terbuka dapat menyebabkan listrik padam,” ujar Dafarai siswa kelas VI SD Negeri Tilil.

Di Bandung, PLN Goes To School dalam rangka Hari Anak Nasional 2017 ini dilaksanakan di SD Negeri 033 dengan pengajar Sumarno, Manajer Area Bandung dan SD Negeri Tilil dengan pengajar Iwan Purwana, General Manager PLN Distribusi Jawa Barat yang juga sekaligus alumni SD tersebut.

"Saya merupakan alumni SD Negeri Tilil ini, sehingga saya antusias berbagi pengetahuan tentang ketenagalistrikan kepada adik-adik almamater,” ungkap Iwan.

Di akhir acara, Iwan Purwana menambahkan, PLN berharap anak-anak Indonesia bisa tumbuh menjadi generasi yang membanggakan dan bijaksana dalam menggunakan serta mengelola energi listrik di masa depan nanti.

Kepala Sekolah SD Negeri Tilil, Osa mengungkapkan, apresiasinya atas kegiatan ini. Pihaknya sangat bersyukur karena SD Negeri Tilil menjadi tempat kegiatan PLN Goes To School.

"Dengan begitu siswa-siswi berkesempatan mendapatkan berbagai pengetahuan ketenagalistrikan dan motivasi serta inspirasi dari alumninya yang bisa menjadi bekal mereka di masa yang akan datang," katanya.

Tag Terkait