Dina Homogenic, musisi yang juga dosen SBM ITB

user
Farah Fuadona 02 Juni 2016, 15:55 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Dina Dellyana atau akrab disapa Dina Homogenic memiliki setumpuk kesibukan. Sebagai dosen yang juga sekaligus sebagai musisi jalan. Di bidang akademik, ia ngajar di School of Business Management (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dina juga masih menjadi personel band Homogenic sebagai pemain synth danprogrammer. “Dosen jalan, sebagai musisi juga harus jalan,” kata Dina kepada Merdeka Bandung.

Di tengah kesibukan itu, ia juga turut mendirikan event musik unik bernama Hompila: Music Festival For Kids yang digelar di NuArt Sculpture Park, Jalan Setraduta Kencana 2 No 11 Bandung, baru-baru ini.

Lewat event musik anak itu, ia dan 14 anggota komunitas lainnya yang tergabung dalam Manaswara, ingin menyuguhkan konser musik ramah anak. Event ini cukup sukses, dihadiri sekitar 200 orang dari komunitas musik, komunitas DJ, dan komunitas kreatif Bandung lainnya.

Sukses menggelar acara tersebut Dina dan kawan-kawan ingin kembali mengulang event serupa yang skalanya lebih besar dan rutin. “Insya Allah kita akan membuat yang lebih besar dari ini. Ini saja sudah lumayan besar, cuman kita ingin adakan tiap tahun,” kata perempuan kelahiran 1984 ini.

Menurutnya festival musik ramah anak penting digelar secara rutin. Festival ini dirancang untuk memfasilitasi anak agar mengenal dan berinteraksi dengan seni musik.

Alumnus Farmasi Unpad dan SBM ITB itu menurutkan, ide Music Festival For Kids sendiri muncul dari para musisi sendiri, dari kawan-kawan Dina. Mereka sudah lama malang melintang di dunia musik, sebagian sudah memiliki anak-anak atau berkeluarga.

Selain bermusik, mereka juga kerap nonton konser. Namun mereka kesulitan nonton konser bersama anak-anaknya. Sebab konsep konser umumnya untuk dewasa alias 18 tahun ke atas.

“Kita suka nonton konser tapi kita susah sekali bawa anak ke konser, karena kebanyakan konser kita 18 tahun ke atas dan penuh asap rokok, jadi tidak friendly untuk anak. Lalu kita bikin konser untuk anak-anak kita,” ujarnya.

Ibu satu anak itu menjelaskan, konser untuk anak adalah konser musik yang disajikan para musisi. Dalam konser ini anak-anak diajak terlibat, naik ke atas panggung, nyanyi dan menari bersama.

Kredit

Bagikan