Walau bingung, Harry Suliztiarto mengaku cinta dunia adventure

user
Farah Fuadona 02 Maret 2016, 15:20 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Nama Harry Suliztiarto sudah tak asing lagi di dunia panjat tebing Indonesia. Pemanjat profesional itu, sudah mulai menggeluti dunia adventure ini sejak tahun 1970-an. Harry mengaku sangat mencintai dunia outdoor adventure.

Namun, ada pertanyaan sederhana yang rupanya hingga saat ini tak bisa dijawab oleh Harry. Yakni "Apa alasan ia bisa terjun ke dunia outdoor adventure?". Ia masih bingung dan jujur hingga saat ini tak menemukan jawabannya.

"Kenapa saya masuk ke dunia outdoor adventure itu tidak pernah terjawab dengan baik dan sampai sekarang saya tidak tahu jawabannya apa," ujar Harry saat ditemui di IIOutfest Road To Bandung, Rabu (2/3).

Baginya, outdoor adventure yang hingga kini tak pernah diketahui alasan kenapa ia mencintainya itu. JUustru membuat ia benar-benar dibuat jatuh cinta. Khususnya di dunia memanjat, ia mengaku terbuat dan dibuat terpana.

Harry Suliztiarto yang memulai kegiatan panjat tebing pertamanya di Indonesia dan mengenalkan kegiatan ini melalui Skyger. Ia merupakan salah seorang yang memperkenalkan olahraga panjat tebing di Indonesia.

"Usia saya terus bertambah, begitu juga kecintaan saya terhadap gunung dan panjat tebing. Dulu saya naik gunung butuh waktu lama sekali. Sekarang anak-anak muda bisa naik gunung dengan cepat. Sudah banyak sekali referensinya," jelasnya.

Harry berseloroh, bagi anak muda pecinta gunung terutama memanjat. Ada baiknya mengumpulkan referensi dengan baik dari berbagai sumber. Kemudahan mencari informasi dengan hadirnya internet itu memberikan nilai lebih baik para pecinta alam saat ini.

"Akan sangat celaka jika mereka yang akan naik gunung tak mencari informasi dengan banyak. Beda dengan zaman saya, sekarang mudah. Carilah referensi dengan baik dan taklukan gunung yang diinginkan dengan baik," tutup dia.

Kredit

Bagikan