Tak hanya melukis tanpa kuas, Ken Ken pun melukis terbalik

user
Mohammad Taufik 10 April 2017, 12:48 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kota Kembang dikenal akan orang-orangnya yang kreatif. Hal tersebut nyatanya memang benar. Salah satu buktinya adalah dengan menilik kegiatan yang dilakukan oleh Ken Ken. Belum lama ini, pria bertato itu mencatatkan namanya pada sebuah rekor dunia karena berhasil melukis tanpa kuas serta dilakukan secara terbalik.

Pada sebuah kanvas berukuran empat meter, pemilik sebuah studio tato di Bandung yakni Kent Tatto itu melukis presiden pertama Indonesia yakni Soekarno. Dengan tema Konferensi Asia Afrika, pria yang akrab disapa Ken ini melukis sosok Soekarno yang identik dengan pecinya itu secara terbalik dengan menggunakan tangan kosong.

Bagi Ken, melakukan pencatatan rekor bertaraf dunia ini merupakan sebagai bentuk penghargaan serta kebanggaan ia sebagai warga negara Indonesia terhadap sosok Soekarno dan keindahan sera sejarah Kota Kembang. Tak heran jika saat melukis, seniman asli Kota Kembang itu mencurahkan konsentrasinya secara penuh.

"Ya, saya sebagai orang Bandung sangat bangga dengan kota ini. Mulai dari sosok Soekarno hingga Konferensi Asia Afrika yang dilangsungkan di Bandung adalah sebuah sejarah. Makanya saya berupaya mencatatkan rekor dengan melukis tanpa kuas secara terbalik sekarang," ujar Ken kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Hotel Hemangini, Minggu (9/4) malam.

Lewat aksinya itu, Ken yang dibantu oleh beberapa teman seniman lainnya berhasil mencatatkan rekor dalam Record Holders Republic di Inggris. Kata Ken, ini merupakan caranya untuk mengharumkan nama Indonesia dikancah internasional.

"Yang masuk rekor karena saya melukis secara terbalik. Unik, ya tentu saja. Menggunakan 64 warna, saya melukis di atas kanvas sepanjang empat meter. Saya mengambil latar merah putih seperti warna bendera Indonesia, dan sosok Pak Soekarno yang sudah dikenal oleh dunia dengan ukuran cukup besar," jelas dia.

Sementara itu, President Record Holders Republic, Halim Sugiartio menjelaskan, keunikan yang dilakukan oleh Ken karena melukis secara terbalik dan tidak menggunakan alat bantu seperti kuas. Ken mengerjakan lukisan dengan tangannya sendiri.

"Sudah dilakukan secara terbalik, Ken juga berhasil mencatatkan rekor menyelesaikan lukisannya dengan cepat yaitu 16 menit. Lukisan mozaik yang dikerjakan oleh Ken ini begitu istimewa," kata Halim.

Kredit

Bagikan