STP Bandung bentuk Enhai Halal Tourism Centre

user
Farah Fuadona 05 Agustus 2016, 11:56 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung membentuk Enhai Halal Tourism Center (EHTC). Hadirnya EHTC ini berlatar belakang Indonesia yang dikenal sebagai salah sayu negara tujuan wisata halal dunia.

Ketua STP Bandung, Anang Sutono mengatakan, hadirnya EHTC tak lepas dari masuknya Indonesia yang menempati peringkat kedua dalam Top 20 Tujuan Wisata Traveler Muslim Saat Ramadan 2016 yang dibuat oleh The MasterCard-CrescentRating Ramadan Travel Report.

"Itu menjadi potensi untuk kami membuat EHTC karena wisata halal menjadi trend di dunia, karena memiliki nilai ekonomi sangat luar biasa," ujar Anang kepada Merdeka Bandung saat ditemui di STP Bandung, Jalan Setiabudhi, Rabu (3/8).

STP Bandung sadar bahwa sebagai lembaga pariwisata, di bawah Kementerian Pariwisata (Kemenpar), pihaknya menggenjot wisata halal lewat aktivitas akademis. Dari situ, pihaknya memanfaatkan EHTC sebagai sarananya.

"Kalau mengaitkan wisata halal dengan agama, tentunya jangan. Sebenernya semua juga bisa ke EHTC. Namun memang Islam lebih konsen dengan masalah kehalalan itu," jelasnya.

Wisata EHTC ini memfokuskan tujuan pada perubahan dan perkembangan perspektif baru di dunia pariwisata. Saat ini, wisata halal sendiri tengah menjadi sorotan dunia.

Bahkan sejumlah negara sudah menerapkan konsep halal tourism. Sebagain negara dengan potensi wisata yang besar, konsep ini harus dikembangkan termasuk di Jawa Barat.

"Kalau ditilik, Jawa Barat dan kota Bandung ini potensinya besar sekali. Namun, bukan berarti menjadikan Bandung sebagai destinasi halal, namun setidaknya ada sebagian segmen halal tourism yang tersedia di Kota Kembang Bandung," tutupnya.

Kredit

Bagikan