Tiap akhir pekan Observatorium Bosscha terbuka untuk umum

user
Farah Fuadona 13 Mei 2016, 15:03 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bagi Anda yang ingin berakhir pekan sambil mengisi wawasan astronomi, Observatorium Bosscha ITB bisa jadi pilihan. Observatorium Bosscha membuka jadwal kunjungan bagi keluarga atau perorangan. Kunjungan bagi keluarga atau perorangan ini dijadwalkan tiap Sabtu dari mulai pukul 09.00–13.00 WIB.
 
“Betul, kunjungan pribadi bisa di hari Sabtu untuk kunjungan siang,” kata Staf Peneliti Observatorium Bosscha ITB, Yatni Yulianti, melalui pesan singkat kepada Merdeka Bandung, Jumat (13/5).
 
Ia menambahkan, informasi mengenai jadwal kunjungan bisa dicek di http://bosscha.itb.ac.id/id/index.php/jadwal-kunjungan/ atau bisa menelepon ke 022-2786001 bagian kunjungan publik.
 
Dalam situsnya, jadwal kunjungan peneropongan bintang yang ada di Lembang, Kabupaten Bandung Barat terbagi dalam sesi kunjungan siang dan malam. Pada sesi Kunjungan Siang, pengunjung dapat melihat cara kerja teleskop Zeiss (tidak meneropong) dan mendapat informasi astronomi di ruang multimedia.
 
Untuk bisa mengunjungi Bosscha siang hari calon pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu dengan biaya Rp 15 ribu per orang.
 
Secara umum waktu kunjungan terbagi dalam enam hari, yakni Selasa, Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu. Untuk jadwal Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat kunjungan hanya diperuntukan bagi instansi,sekolah,organisasi dengan kapasitas kunjungan maksimal 200 orang.

Sedangkan Sabtu peruntukan bagi kunjungan keluarga, kelompok maupun perorangan atau kelompok kecil kurang dari 20 orang.
 
Selain itu, Bosscha juga membuka Kunjungan Malam. Jika langit cerah pengunjung dapat melihat cara kerja teleskop Zeiss tanpa meneropong. Pengunjung akan mendapat informasi astronomi di ruang multimedia dan meneropong langsung dengan teleskop portable dan teleskop Bamberg.
 
Jika cuaca tidak mendukung, acara tetap berjalan walau tanpa peneropongan. Untuk bisa mengunjungi Bosscha pada malam hari, pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu dengan biaya Rp 20.000 per orang.
 
Program kunjungan malam dibuka beberapa malam di musim kemarau, periode April sampai Oktober. Acara berlangsung dari jam 17.00–20.00 WIB. Pengunjung yang sudah mendaftar diharapkan datang sebelum acara dimulai. Karena kapasitas yang terbatas diharapkan calon pengunjung bisa mendaftar jauh-jauh hari sebelum berkunjung.


Jadwal kunjungan malam tahun 2016 akan dilaksanakan pada hari Kamis dan Jumat setiap bulannya. Berikut jadwal kunjungan malam selama musim kemarau

Bulan Mei (12, 13, 26, 27), Juli (14, 15, 28, 29), Agustus (11, 12, 25, 26), September (8, 9, 22, 23) dan Oktober (6, 7, 20, 21).

Kredit

Bagikan