Ilmu desain komunikasi visual berkembang pesat di Bandung

user
Farah Fuadona 06 September 2016, 10:37 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Ilmu Fotografi dan Desain Komunikasi Visual (DKV) banyak didalami kampus-kampus di Indonesia, baik negeri maupun swasta. Kondisi ini menimbulkan persaingan sengit dalam memperebutkan calon mahasiswa.

“Untuk ilmu fotografi dan DKV di Bandung banyak banget, semua menjual kelebihannya masing-masing,” kata Wakil Dekan Fakultas Ilmu Seni dan Sastra Universitas Pasundan (Unpas), Boy Irwan kepada Merdeka Bandung baru-baru ini.

Menurutnya, banyak kampus baru dan lama yang menyediakan ilmu fotografi dan DKV. “Unpas sendiri dari dulu tidak berubah, menekankan penguatan pada teknik manual,” katanya.

Di tengah persaingan yang sengit, Unpas memiliki kans bersaing. Fotografi dan DKV Unpas berada di bawah Fakultas Ilmu Seni dan Sastra. Fakultas ini selain membawahi jurusan Fotografi & Film dan DKV, juga memiliki jurusan Seni Musik dan Sastra Inggris.

“Fakultas Ilmu Seni dan Sastra Unpas sudah ada sejak 1995, sedikit berbarengan dengan Itenas Bandung. Kalau dari sisisustainable, masih punya kanslah, apalagi kami sudah punya nama Unpas,” katanya.

Saat ini jumlah mahasiswa Fakultas Ilmu Seni dan Sastra Unpas sebanyak 900 orang. Masing-masing jurusan tiap tahunnya menghasilkan 30-40 lulusan. “Untuk mengenalkan jurusan-jurusan, kami biasa mengikuti pameran-pameran,” ujar alumnus Unpas 1996 ini.

Kredit

Bagikan