Pijar Kelas, Aplikasi Belajar Untuk Guru dan Siswa Secara Gratis

user
Endang Saputra 20 Desember 2021, 15:10 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - PT. Telkom Indonesia melalui aplikasi digitalisasi edukasi, Pijar, merilis menu Pijar Kelas guna membantu guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar daring secara gratis.

Tribe Leader Ekosistem Edukasi PT Telkom Indonesia, Djufri Ardian mengatakan, Pijar Kelas sebagai fitur gratis dari subproduk Pijar Sekolah ini bisa menjadi platform pilihan yang bisa digunakan membantu guru dan sekolah untuk proses belajar secara digital.

"Juga untuk proses belajar hybrid secara lebih efisien dan menyenangkan. Sebagai bagian dari Pijar Sekolah, fitur Pijar Kelas bisa digunakan dengan langsung mendaftar melalui situs https://pijarsekolah.id/pijar-kelas/," kata Djufri dari berita tertulis diterima Merdeka Bandung.

Menurut dia, Pijar Kelas dihadirkan guna berkontribusi membangun dan menciptakan digitalisasi pendidikan secara merata di Indonesia salah satunya dengan mempermudah dan memfasilitasi sekolah dan guru melaksanakan proses belajar mengajar secara digital.

"Untuk mendukung kegiatan belajar mengajar tersebut, Pijar Kelas hadir dengan beberapa fitur andalan yang dimiliki Pijar Sekolah. Diantaranya fitur modul atau tugas, kelas virtual, dan Ujian Pendidikan Kesetaraan," sambungnya.

Pijar Sekolah telah diimplementasikan di lebih dari 25 sekolah termasuk sekolah di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) dengan total puluhan ribu siswa

Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital, mulai dari buku digital interaktif, buku digital, video pembelajaran, hingga laboratorium maya yang bisa dimanfaatkan semua siswa untuk mendukung pembelajaran di sekolah.

Fitur lengkap Pijar Sekolah adalah Manajemen Sekolah, Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi, Buku Digital, Latihan Soal, Bank Soal, Buku Digital Interaktif, Video Pembelajaran,
Lab Maya, dan Absensi.

Djufri melanjutkan, guna mencapai tujuan-tujuan tersebut, Pijar mengadakan workshop Pijar Kelas di empat daerah diantaranya Kabupaten Sleman, Provinsi Yogya yang dihadiri oleh 25 peserta dari 5 sekolah.

Guru-guru yang hadir sangat antusias dengan workshop yang diberikan tim Pijar Kelas. Selain Kab. Sleman, workshop ini di selenggarakan di Kab. Bantul, Kab. Gunung Kidul, dan Kab. Klaten dengan 25 peserta dari 5 sekolah.

"Banyak guru yang sudah lebih diatas 30 tahun namun semangatnya sangat tinggi untuk mengikuti program ini," katanya.

Pijar yang dihadirkan PT Telkom Indonesia memiliki 5 subproduk dengan fokus dan target yang berbeda. Yakni Pijar Sekolah dan Pijar Belajar untuk siswa dasar menengah, Pijar Kampus (perguruan tinggi), Pijar Mahir (masyarakat umum), dan Pijar Corpu (profesional).

Pijar dihadirkan guna menjadi solusi atas kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan dengan luas lebih dari 1,9 juta km², yang menciptakan tantangan dinamis pada ekosistem edukasi di Indonesia. Mulai dari tidak meratanya kualitas pendidikan, ketidaksesuaian keahlian dengan permintaan lapangan kerja dan industri, hingga rumitnya proses administrasi di sekolah maupun kampus, mengakibatkan permasalahan di berbagai sektor pendidikan.

Credits

Bagikan