XL bikin program digital jam bagi karyawannya

user
Muhammad Hasits 26 November 2017, 14:14 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus membangun dan memperkuat diri sebagai perusahaan penyedia layanan data terdepan. Selain membangun infrastruktur jaringan data dan melahirkan produk-produk digital berkualitas, XL Axiata juga terus membentuk mindset karyawan untuk lebih paham sehingga dapat mengaplikasi pemanfaatan tren digital untuk mendukung kemajuan perusahaan dan juga memberikan pelayanan lebih baik bagi pelanggan.

Untuk itu, suatu program khusus dilaksanakan sehari penuh pada 23 November 2017. Pada hari itu, seluruh karyawan XL Axiata di mana pun berada, termasuk para direktur, akan belajar dan saling berkompetisi dengan menuangkan ide dan inovasi membuat website atau aplikasi digital lebih mudah dan bermanfaat melalui Program “Digital Jam”.
 
Direktur atau Chief Service Management Officer XL Axiata mengatakan, dengan memiliki pengalaman langsung berinovasi dan saling bertukar ide serta melakukan prototyping aplikasi digital, kami berharap semua karyawan memiliki pemahaman dan referensi yang kuat mengenai ranah usaha di mana perusahaan tempatnya bekerja menjalankan bisnis usaha.

"Program ini harus kami laksanakan agar semua karyawan memiliki mindset yang sama dengan manajemen mengenai kebijakan dan tujuan yang hendak diraih oleh perusahaan di masa depan untuk menjadi digital-focused company, serta mengenal industri digital secara umum," ujar Yessie dari siaran berita yang diterima Merdeka Bandung, Minggu (26/11).
 
Yessie menambahkan, pemahaman karyawan atas seluk-beluk dunia digital menjadi sangat krusial karena XL Axiata juga semakin berfokus ke layanan data dan digital. Sebagai tulang punggung perusahaan penyedia layanan data, karyawan harus mampu beradaptasi dengan era serba digital, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam menyelesaikan tugas-tugas pekerjaannya secara lebih baik.

Karyawan harus bisa membuktikan sendiri bahwa teknologi digital akan mampu memberikan berbagai manfaat bagi dirinya, orang sekeliling, juga bagi pelanggan.
 
Program Digital Jam dilaksanakan secara serentak oleh seluruh perusahaan yang berada di bawah Axiata Group yang beroperasi di sejumlah negara, yaitu Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Idea (India), dan M1 (Singapore) dan XL Axiata di Indonesia.

Menurutnya, program ini juga tidak terlepas dari visi Axiata 3.0 di mana Axiata Group berusaha mewujudkan target menjadi grup usaha penyediakan layanan digital terdepan pada tahun 2020. Sebelumnya, sejak 13 November 2017, sudah dilakukan tahap “pre digital”, di mana karyawan diajak untuk mengenal lebih lanjut mengenai dunia Digital dengan lebih dalam melalui mengikuti berbagai aktivitas digital yang dapat dilakukan secara individu maupun berkelompok.
 
"Selama seharian penuh di tanggal 23 November 2017, karyawan XL Axiata melakukan aktivitas membuat ideation dan prototype aplikasi digital, dimulai dengan membuat desain hingga membangunnya dengan menggunakan smartphone, tablet, maupun notebook. Mereka akan mendapatkan panduan melalui fasilitas workplace dan workchat, dua platform media sosial khusus yang bisa dipergunakan oleh semua karyawan di Grup Axiata. Panduan tersebut berupa instruksi dan tantangan yang mesti dikerjakan oleh karyawan," jelasnya.
 
Prototype aplikasi, website, dan konten-konten digital yang diarahkan untuk dibuat para karyawan tersebut merupakan sarana digital yang diperkirakan akan tetap relevan hingga 3 tahun ke depan untuk masyarakat Indonesia. Secara teknis, karyawan akan dipandu membuat ide inovasi dan prototype aplikasi dan website dengan menggunakan bermacam platform yang tersedia di internet.

Panduan yang diberikan dikemas sebagai tantangan-tantangan bertahap yang mesti diselesaikan oleh setiap karyawan, baik secara perorangan maupun kelompok. Hingga akhirnya terbangunlah beraneka ragam konten, aplikasi dan website yang utuh dan siap untuk digunakan.
 
Program Inovasi Digital Jam bertujuan mengajak karyawan untuk lebih berinovasi dan mencari solusi digital guna meningkatkan produktivitas kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan layanan kepada pelanggan. Sejumlah panduan yang diberikan akan mengajak karyawan untuk menciptakan cara kerja baru yang bisa mendekatkan karyawan dengan pelanggan sehingga mampu lebih baik dalam menangkap kebutuhan pelanggan.
 
Selanjutnya, karyawan juga akan diajak untuk bisa lebih baik dalam menggunakan data digital guna meningkatkan produktivitas dan saat membuat keputusan. Panduan ini akan mendorong karyawan untuk memanfaatkan teknologi sehingga bisa lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang lebih maksimal.

Kredit

Bagikan