Duck Leg In Spices, bebek ala betutu disuguhankan dengan singkong

user
Mohammad Taufik 05 September 2016, 13:37 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bila singkong identik dengan makanan tradisional dan dijajakan oleh pedagang gerobak pinggir jalan, kini singkong menjadi hidangan menggiurkan yang diolah oleh Hotel Hilton Bandung. Singkong yang dimasak dengan beragam bumbu itu menjadi makanan pendamping dari seporsi bebek.

Dalam Duck Leg in Spices, tiga potong singkong yang tertata bergitu cantik itu disantap dengan bebek dimasak ala betutu. Salah satu menu dalam hidangan "Discover Fresco" itu menyuguhkan bebek yang dimasak selama empat jam menggunakan metode slow cooking dengan suhu 66 derajat celcius.

"Bebek dimasak serupa dengan betutu, ada banyak rempah di dalamnya. Dimasak dengan metode slow cooking agar dagingnya empuk dan bumbu meresap dengan sempurna," ujar Executive Chef Hilton Hotel Bandung, Tony Eka Saputra kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Hotel Hilton Bandung, Minggu (4/9).

Beberapa bumbu yang digunakan untuk memasak bebek adalah kencur, ketumbar, kunyit, serta sedikit blackpepper. Semua bahan yang digunakan untuk memasak seporsi Duck Leg In Spices ini adalah asli Indonesia sehingga citarasa khas hidangan Tanah Air akan terasa begitu kental.

Sementara untuk singkong yang menjadi makanan pendamping dari bebek muda ini melewatkan proses yang terbilang sederhana. Sebab singkong hanya direbus hingga mencapai tingkat kematangan yang pas dengan beragam bumbu. Kemudian digoreng hingga kering dan kekuningan.

"Terakhir disiram dengan saus Tenjorin. Saus ini saya buat dari berbagai jenis jeruk seperti Jeruk Lumajang, dan Jeruk Kintamani yang memang asli Indonesia. Rasa asam pada jeruk akan memberikan kesan segar saat menyantap bebek dan singkongnya," kata Tony.

Menyantap makanan pembuka dari "Discover Fresco" ini, Anda akan ditemani dengan segelas Fresco Fantasy yang merupakan infused water. Minuman ini dibuat dari campuran air mineral dengan potongan buah segar yakni jeruk, belimbing, mangga, serta sirsak yang didiamkan seharian di dalam lemari pendingin.

Kredit

Bagikan