Aroma bawang putih menggoda dalam suguhan seporsi udang windu

user
Mohammad Taufik 18 Agustus 2016, 14:08 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bagi juru masak, bawang putih merupakan bumbu wajib yang kerap digunakan untuk beragam olahannya. Kehadiran bawang putih dalam sebuah makanan diyakini mampu membuat nafsu makan meningkat karena aromanya yang khas.

Sadar bila bawang putih mampu memikat pengunjung untuk menyantap dengan lahap beragam olahan, Executive Chef Hotel Novotel Bandung, Benny Irwan, menyuguhkan menu anyar yang istimewa yakni Prawn Chili Garlic.

Hidangan istimewa dari Novotel Bandung ini merupakan lima ekor udang windu yang dimasak dan diberikan bumbu dasar yakni garam dan merica. Setelah bumbu meresap, udang tersebut digoreng hingga kuning keemasan.

"Untuk menghasilkan warna sempurna pada saat penggorengan, kami menggunakan api besar dan pada kondisi minyak sangat panas. Dimasak hanya sebentar, sekitar 20 detik saja kemudian angkat," ujar Benny kepada Merdeka Bandung, Kamis (18/8).

Tujuan menggunakan minyak yang sangat panas ini untuk menggoreng udang agar cepat matang. Sehingga bila digoreng terlalu lama, dikhawatirkan udang yang dimasak akan over cook.

"Setelah matang, lalu siapkan bumbu bawang yang menjadi pemikat dalam menu ini. Bumbunya sangat sederhana, yakni bawang putih dirajang kemudian digoreng menggunakan mentega. Lalu udang dimasukkan dan dicampur menjadi satu," ujarnya.

Untuk menambah rasa, ditaburkan irisan cabai rawit. Jadi, ada dua rasa dalam hidangan ini yakni gurih dan pedas yang tetap bersahabat dengan lidah. Prawn Chili Garlic ini disuguhkan dengan lemon wedges, dan saus jeruk serta bumbu rempah lainnya.

Kredit

Bagikan