Inilah cemilan kulit ikan salmon yang gurih dan garing

user
Endang Saputra 03 Juli 2018, 16:17 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sudah pernah mencoba camilan kulit ikan salmon berbalut saus telur asin yang sempat begitu tenar di Singapura? Kini, tidak perlu jauh-jauh terbang ke Singapura untuk menikmati camilan gurih ini. Soalnya, di Bandung juga sudah ada yang memproduksi makanan bertekstur garing dengan citarasa gurih nan menggoda itu.

Namanya Fins. Ini adalah kulit ikan salmon berbalut tepung yang digoreng hingga kuning keemasan lalu dibalut dengan saus telur asin nan gurih. Rasanya? Enak. Ini adalah camilan yang wajib Anda coba.

Pemilik Fins Fish Skin Chips, Yogi Prayoga mengatakan, camilan yang hadir sejak pertengahan tahun 2017 lalu itu rupanya berhasil mencuri perhatian. Saus telur asin yang memang tengah melejit dijagad kuliner ini mampu memikat hati para pecinta kuliner. Tak heran jika penjualan produk Fins ini terbilang sangat baik.

"Awalnya coba yang dari Singapura karena bolming banget. Ternyata pas dirasa, bisa nih bikin yang kayak gini. Coba buat produksi, lalu jual, dan ternyata responnya positif. Bahkan, sampai sekarang penjualannya sih luar biasa," ujar Yogi kepada Merdeka Bandung, Senin (2/7).

Ia menjelaskan, penjualan Fins yang dilakukan secara online ini berhasil merambah ke berbagai daerah khususnya kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya. Bahkan, Yogi mengaku jika produknya kini sudah hadir di Batam.

"Kita pasok ke Batam soalnya ada permintaan dari sana. Jadi setiap bulannya kami pasok 300 bungkus hanya untuk ke Batam saja," tutur dia.

Kata Yogi, memproduksi kulit salmon memang bukan perkara sulit. Namun, mendapatkan bahan bakunya terasa begitu sulit. Itulah yang membuat jumlah produksi Fins masih sangat terbatas. Setiap harinya ia hanya bisa memproduksi sekitar 50 hingga 100 bungkus saja.

"Dapetin bahan bakunya susah banget, makanya jumlah produksi masih terbatas banget. Untuk kulit ikan salmon dan telur asinnya itu susah. Kalau kulit salmon kami dapet dari Surabaya, sedangkan telur asin sendiri kan di Bandung jarang, banyaknya di kota Brebes jadi itu juga salah satu faktor harga camilan ini cukup tinggi," jelasnya.

Untuk setiap bungkus Fins dengan bobot 55 gram, ia membanderolnya dengan harga Rp 30 ribu. Dengan harga tersebut memang tergolong mahal, namun permintaanpun tetap tinggi khususnya di kota-kota besar. Bahkan, tidak sedikit yang merasa ketagihan dengan camilan satu ini.

Kredit

Bagikan