Uniknya Soto Oseng hingga Soto Bulat di Rumah Makan Soto Sedari

user
Farah Fuadona 03 November 2017, 12:03 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bila selama ini jagad kuliner makanan berkuah yakni soto yang begitu tenar seperti Soto Madura, Soto Bandung, ataupun Soto Betawi, sebuah tempat makan khusus soto menghadirkan varian berbeda dan sangat unik. Menu andalannya adalah Soto Oseng dan Soto Bulat.

Saat disinggung mengenai dua menu ini, rasa penasaran hadir karena namanya yang tak biasa dan membuat siapa saja yang mendengarkan kedua jenis soto itu akan membayangkan bagaimana penampakan dari menu andalan Soto Sedari.

Sesuai dengan namanya, Soto Oseng merupakan daging yang dioseng hingga harum kemudian disajikan dengan semangkuk kuah gurih. Sedangkan Soto Bulat sekilas isiannya seperti bakso yang dagingnya dibentuk bulat namun dihidangkan dengan kuah soto merah.

Diakui oleh Founder Soto Sedari, Reza Noviana bahwa ide menghadirkan soto unik ini karena begitu banyaknya varian makanan berkuah itu. Terlebih, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) digadang-gadang akan mengenalkan soto ke ranah mancanegara.

Soto Bulat
© 2017 merdeka.com/Astri Agustina

"Ya, saya membuat soto yang berbeda meskipun pada dasarnya ini adalah jenis Soto Betawi dan Soto Boyolali. Hanya saja penyajiannya berbeda," ujar Reza kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Soto Sedari, Jalan Jendral Sudirman, Kamis (2/11).

Saat ini, ada lima varian soto yang ditawarkan oleh Soto Sedari. Yakni Soto Betawi Gurih, Soto Pedas Rempah, Soto Oseng, Soto Boyolali, dan Soto Bulat. Diracik sejak 2004 silam, rencananya Soto Sedari akan menghadirkan puluhan macam soto.

Rencananya, ke depan akan hadir Coto Makassar, Soto Padang, serta Soto Banjar yang akan memanjakan lidah para pecinta kuliner. Meski begitu, diakui oleh Reza untuk meracik soto yang lezat dan otentik bukan hal mudah.

"Banyak banget jenis soto di Indonesia, hanya saja kami tidak bisa langsung membuat menu soto begitu saja. Bikin standar rempahnya sulit. Kita sudah siapkan 10 resep cuma yang acceptable dicoba ya tiga dulu. Kalau rasanya sudah standar baru kita buat lagi," kata Reza.

Kredit

Bagikan