Siraman saus tauco di atas nila goreng yang menggoda

user
Farah Fuadona 20 Januari 2017, 10:28 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Ikan nila merupakan makanan yang memiliki banyak penggemar. Beragam olahan mulai dari digoreng, dibakar, hingga direbus selalu membuat ikan nila digemari. Banyaknya penggemar nila membuat Rumah Makan Erlangga menawarkan menu istimewa yakni Ikan Nila Goreng Tauco.

Adalah Dada, sang juru masak Rumah Makan Erlangga yang memiliki ide untuk mengolah ikan nila menjadi hidangan menggiurkan. Memanfaatkan tauco sebagai siraman pada bagian atasnya, ikan nila digoreng hingga kuning keemasan dan menghadirkan tekstur kering pada bagian luar.

Dalam menu Ikan Nila Goreng Tauco ini, ikan berbobot 350 gram dibelah menjadi dua bagian, dibersihkan sisik dan bagian dalamnya lalu direndam dengan bumbu hingga meresap. Bumbu yang dibubuhkan adalah garam, merica, ketumbar, bawang putih, serta lemon agar menghilangkan bau amis pada ikan.

"Direndam selama 15 menit hingga bumbunya meresap lalu ditiriskan. Proses perendaman ini sangat penting ya, selain untuk menghilangkan bau amis juga memberikan rasa pada ikan," ujar Dada kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Rumah Makan Erlangga, Jalan Sukajadi, Kamis (19/1).

Menggunakan teknik penggorengan cepat dengan api besar, itu dilakukan guna menghasilkan tekstur kering pada bagian luar namun tetap lembut pada bagian dalam. Sehingga sensasi menyantap ikan nila yang dikenal memiliki daging lembut tak akan hilang dengan teknik penggorengan cepat.

"Untuk saus tauconya, saya menggunakan sayuran paprika, bawang bombay, dan cabai merah. Tauconya sendiri asli dari Bandung dengan kualitas jempolan yang rasanya mampu membuat siapa saja makan ini bakal ketagihan," jelasnya.

Untuk menikmati seporsi Ikan Nila Goreng Tauco ini, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 43.500 saja. Disantap dengan nasi panas dan sedikit tambahan potongan cabai rawit bagi Anda pecinta pedas. Dijamin sensasi makan akan semakin sempurna. Selamat mencoba!

Kredit

Bagikan