Sorbet, es krim berbahan baku buah asli

user
Farah Fuadona 22 Desember 2016, 14:07 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Tak hanya gelato, varian serupa es krim lainnya yang wajib dijajal para pecinta camilan adalah sorbet. Bila dibanding dengan gelato, sorbet dikenal memiliki cita rasa yang lebih segar karena 100 persen dibuat dari buah asli dan tak ada campuran susu ataupun krim.

Sorbet yang dalam sejarahnya merupakan makanan yang dibuat dari salju ini memiliki tekstur seperti serbuk es. Layaknya salju, sorbet ini dingin dan segar. Cocok disantap kala matahari yang begitu terik di siang hari.

Bagi Anda yang belum pernah mencicip sorbet, datang saja ke Regata Hotel. Tempat menginap di Jalan Setiabudi itu menawarkan berbagai macam varian rasa yakni mangga, stroberi serta lemon.

"Ketiga macam buah yang kami olah menjadi sorbet ini karena memiliki cita rasa yang asam sehingga akan terasa segar saat disantap khususnya saat terik matahari begitu menyengat," ujar Sous Chef Regata, Denny Piliphus kepada Merdeka Bandung.

Bagi Anda yang takut gendut tapi penasaran dengan makanan serupa es krim, sorbet bisa menjadi pilihan. Pasalnya sorbet yang dibuat dari buah asli dan campuran ini dinilai lebih rendah kadar gulanya dibandingkan dengan es krim ataupun gelato.

Denny menjabarkan, cara pembuatannya pun sederhana karena buah-buah tersebut masing-masing direbus dengan air gula sehingga "juicy" pada kandungan buahnya keluar.

Kemudian ditiriskan dan dibekukan dalam beberapa saat. Setelah beku proses dilanjutkan dengan cara diblender hingga tiga kali. Agar menghasilkan serutan dan bunga es yang pas agar lebih indah ketika dibentuk dan tampak jauh lebih menyegarkan.

"Semakin beku dan sering diblender, setidaknya tiga kali nanti sorbet yang dihasilkan serutan bunga esnya lebih bagus dan tidak cepat cair," ujar Denny.

Kredit

Bagikan