Bandung masuk 10 besar kota dunia 'halal friendly'

user
Farah Fuadona 05 Oktober 2016, 12:19 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kota Bandung masuk 10 besar kota dunia Halal Friendly Place tahun 2016. Bandung terpilih sebagai 10 kota terbaik dunia halal friendly bersama sembilan kota-kota lain di dunia seperti Berlin, Cape Town , Maldives dan Doha.

Situs halaltrip.com menempatkan Kota Bandung di peringkat ke enam Halal Friendly Place. Di peringkat pertama ditempati kota Marrakech (Maroko), disusul Kuala Lumpur (Malaysia), Istanbul (Turki), Tasmania (Australia) dan Doha (Qatar) di peringkat kelima.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan sebagai kota dengan penduduk mayoritas muslim, sudah seharusnya menjadi tempat yang ramah dengan produk halal. "Halal friendly city artinya orang yang mencari halal food dan halal facilities mudah dan kegiatannya banyak sekali di sini (Bandung) dan sudah sewajarnya namanya juga kota mayoritas penduduk muslim," ujar Emil kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Emil menyebutkasn pengertian halal friendly berbeda dengan kota halal. Sebab secara demografi, penduduk Kota Bandung tidak semuanya muslim.

"Jadi Bandung masuk 10 besar kota dunia yang halal friendly city, bukan kota halal. Karena kalau definisi kota halal diasumsikan yang tidak halal tidak boleh. Karena demografi Bandung tidak semua umat Islam," kata Emil.

Emil mengaku bangga dengan prestasi ini, sebab Kota Bandung menjadi kota satu-satunya kota di Indonesia sebagai Halal Friendly Place yang bersanding dengan kota-kota besar di dunia.

"Satu-satunya Kota di Indonesia yang masuk Halal Friendly City. Yang menarik ini kebanyakan kota di Barat ada di Berlin, Cape Town, Singapura, kita ranking ke 6," katanya.

Kredit

Bagikan